Tjetjep Imbau Masyarakat Segera Daftar ke BPJS Kesehatan

Tanjungpinang, IsuKepri.com – Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Riau, Tjetjep Yudiana mengimbau seluruh masyarakat Kepri, segera mendafar jaminan kesehatan ke Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan.

“Saya mengimbau seluruh masyarakat Kepri, yang belum mendapatkan jaminan kesehatan, segara daftar ke BPJS Kesehatan. Karena banyak manfaat yang didapatkan di BPJS Kesehatan yang telah dilaksanakan pada awal Januari 2014 kemarin,” kata Tjetjep, Jumat (17/1).

Dia mengatakan, manfaat yang didapati seperti, berobat rawat inap di rumah sakit yang bekerjasama dengan BPJS, dan ditanggung oleh BPJS Kesehatan tanpa mengeluarkan biaya.

“Apalagi ada pasien cuci darah dan membutuhkan dana yang cukup besar, juga ditanggung oleh BPJS Kesehatan, tapi sebelumnya untuk mendapatkan itu semua harus terdaftar dulu di BPJS Kesehatan,” ucapnya.

Dikatakan Tjetjep, begitu juga dari sektor informal atau perorangan, seperti tukang ojek, tukang bangunan, pedagang, sopir angkot dan lain sebagainya, bisa langsung mendaftarkan ke pogram BPJS Kesehatan, tentunya dengan persyaratan yang telah ditentukan. Selain perusahaan atau Badan Usaha (BU) maupun TNI, Polri, PNS, serta peserta Jamkesmas yang sudah terdaftar di BPJS Kesehatan.

“Cukup membawa photocopy KTP, Kartu Keluarga, Pasfoto dengan ukuran 3×4 maka sudah bisa terdaftar di BPJS Kesehatan,” katanya.

Selain persyaratan, sambung dia, ada tiga pilihan pembayaran iuran untuk peserta informal. Pertama untuk pilihan pertama sebesar Rp25.500 per orang per bulan dengan manfaat pelayanan perawatan di kelas III, pilihan kedua sebesar Rp42.500 dengan pelayanan perawatan di kelas II dan pilihan ketiga sebesar Rp59.500 dengan perawatan pelayanan di kelas I.

Setelah mendaftar, maka peserta per orangan tersebut bisa membayaran iurannya melalui bank yang telah bekerjasama di BPJS Kesehatan.

“Untuk saat ini baru ada tiga bank, pertama Bank Mandiri, BNI dan BRI. Tapi kemungkinan kedepannya akan bekerjasama dengan pihak bank lainnya untuk memudahkan masyarakat atau sektor informal, kata Tjetjep. (AFRIZAL)

Alpian Tanjung

Read Previous

Dahlan : FPI Bukan Dalang Penutupan Hang FM

Read Next

Kepri Peringati Maulid Bersama Ribuan Jamaah