Syahrul Launching Gerakan Pelopor Keselamatan Berlalulintas

Tanjungpinang, IsuKepri.com – Wakil Wali Kota Tanjungpinang, H. Syahrul, S. Pd yang didampingi Kapolres Tanjungpinang, AKBP Patar Gunawan, resmi melaunching Pencanangan Gerakan Pelopor Keselamatan Berlalu Lintas di Pelataran Ocean Corner Tepi Laut  Tanjungpinang, Minggu (26/1). Acara itu juga diawali dengan penampilan atraksi dua belas gerakan lalu lintas dari polisi cilik tersebut, serentak dilaksanakan di seluruh Indonesia.

Dalam peresmian itu juga, ditandai dengan penekanan tombol serine serta pelepasan balon yang dilakukan oleh Wakil Wali Kota Tanjungpinang, H. Syahrul, S.Pd yang didampingi Kapolres Tanjungpinang, AKBP Patar Gunawan, Wakapolres, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FKPD), Kadis Kominfo Dishub Kota Tanjungpinang.

Pada kesempatan tersebut, Wakil Wali Kota Tanjungpinang, H. Syahrul, S. Pd, menghimbau kepada seluruh element masyarakat dan instansi terkait untuk dapat mensukseskan gerakan pelopor keselamatan berlalu lintas.

Hal ini guna mencegah kecelakaan lalulintas dan mengurangi jumlah angka lakalantas di Kota Tanjungpinang ini, ujar Syahrul.

Syahrul berharap kegiatan tersebut bukan hanya ceremonial, tetapi dapat memberikan dampak positif bagi para remaja terhadap pentingnya keselamatan dalam berkendaraan.

Mari kita saling bersinergi untuk memberikan pemahaman kepada generasi muda, karena banyak kecelakaan di jalan raya yang terjadi dari tahun ke tahun, hal ini tentunya menjadi perhatian khusus bagi kita semua, ucap Wawako.

Guna mencegah hal itu, kata Syahrul, sebagai pelopor keselamatan harus dimulai dengan kesadaran dari diri sendiri, dan nantinya dapat dijadikan contoh bagi keluarga serta seluruh masyarakat di Kota Tanjungpinang.

Semoga event ini dapat berjalan dengan baik dan lancar, paling tidak jumlah kecelakaan lalu lintas dapat menurun sebanyak 25 persen. Patuhi komitmen yang telah diucapkan, teruslah mensosialisasikan kegiatan ini di masyarkat maupun di sekolah – sekolah.

Akan hal itu, Syahrul mengajak seluruh komponen masyarakat Kota Tanjungpinang dan instansi terkait untuk terus mensukseskan gerakan pencanagan pelopor keselamatan berlalu lintas tersebut.

Mari kita bersama – sama dan bersungguh – sungguh menjadi pelopor keselamatan berlalu lintas dengan segala upaya kita semua. Kita dapat bersama – sama mencegah dan mengurangi jumlah kecelakaan lalu lintas, sehingga akan terwujud Kota Gurindam yang damai dan sejahtera, pinta Wawako.

Dalam sambutan tertulis, Gubernur Kepulauan Riau, H. M Sani, yang dibacakan oleh Kapolres Tanjungpinang, AKBP Patar Gunawan mengatakan, keselamatan adalah merupakan prinsip bagi orang – orang di seluruh Indonesia.

Namun pada kenyataanya prinsip tersebut tidak sejalan dengan keadaan dilapangan, kebiasaan berkendaraan yang tidak sehat, kebut – kebutan, tidak memakai perlengkapan berkendaraan serta tidak mematuhi aturan lalu lintas membuat kecelakaan di jalan raya tidak dapat dihindari, ucap Kapolres membacakan kata sambutan Gubernur Kepri.

Sedangkan, dari data yang tercatat di Polda Kepulauan Riau tahun 2013, fatalitas kecelakaan tercatat sebanyak 723 kasus kecelakaan, kecelakaan jalan raya meninggal dunia sebanyak 189 jiwa, luka berat sebanyak 369 jiwa dan luka ringan sebanyak 818 jiwa per tahunnya. Kecelakaan lalu lintas merupakan urutan ke sepuluh kelompok kematian utama di dunia.

Oleh karena itu, berdasarkan Intruksi Presiden Nomor 22 Tahun 2009 tentang lalu lintas. Mari kita ciptakan keselamatan berlalu lintas, katanya.

Dikatakannya lagi, program gerakan pencanangan pelopor keselamatan berlalu lintas tersebut harus dijalankan oleh semua para pemangku kepentingan. Gerakan ini juga, merupakan bentuk kepedulian dan rasa tanggungjawab bersama untuk mencegah dan mengurangi kecelakaan lalu lintas secara singnifikan.

Kita ketahui, dengan meningkatnya angka kecelakaan di jalan raya setiap tahunnya, perlu upaya bersama dalam menangani hal tersebut, oleh karena itu partisipasi dan kemiteraan dari masyarakat dan para pemangku kepentingan sangat penting dalam mengambil langkah – langkah yang diperlukan dalam rangka mencegah dan mengurangi terjadinya kecelakaan lalu lintas, tuturnya.

Usai memberi sambutan, Wakil Wali Kota Tanjungpinang melaunching pemakaian mobil pelayanan SIM keliling, disertai dengan meninjau mobil pelayanan SIM keliling. Acara itu juga ditutup dengan melepaskan konvoi kendaraan mulai dari motor besar, mobil jeep, mobil sedan dari komunitas automotif yang ikut memeriahkan kegiatan tersebut, rute para peserta konvoi mengikuti mobil pengawalan menuju Bintan Center.

Dalam acara itu juga, turut dihadiri oleh FKPD, SKPD, Tokoh Masyarakat, Komunitas automotif kendaraan roda dua dan roda empat, serta jajaran Polres Tanjungpinang. (ALPIAN TANJUNG)

Alpian Tanjung

Read Previous

Es Oyen Khas Bandung Mulai Masuki Pasar Batam

Read Next

Surya Makmur Minta Reformasi Kelembagaan FTZ