Dishubkominfo Akan Ujicoba Alat Timbangan Terhadap Dumtruk

Tanjungpinang, IsuKepri.com – Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (DIshubkominfo) Kota Tanjungpinang, H. Wan Samsi mengatakan, akan melakukan ujicoba alat ukur Vartable timbangan tonase terhadap kendaraan roda enam dan Dumtruk.

“Alat ukur Vartable timbangan tonase untuk dumtruk sudah ada, dan waktu dekat ini kita akan mengujinya,” kata Wan Samsi, Rabu (22/1).

Ujicoba alat timbangan tersebut, sambung Samsi, dilaksanakan bertepatan dengan melakukan razia untuk muatan lori dan dumtruk.

“Pas kita melakukan razia terhadap lori nanti, baik itu untuk membawa tanah maupun barang dan alat tersebut akan kita bawa dan pikul dengan mobil patrol guna mengukur muatan kendaraan tersebut,” ujarnya.

Sementara, kata dia, untuk melihat ketentuan berapa jumlah muatan di kendaraan maupun untuk menganggkut barang itu dilihat atau berdasarkan dari kapasitas dan daya dukung jalan.

“Sekarangkan sudah dibuat rambu tanda larangan membawa muatan minimal 8 ton disimpang jalan yang ada di Tanjungpinang. Tapi bila kedapatan, maka kendaraan yang melebihi kapasitas akan kita tilang,” tegasnya.

Lalu dia menerangkan, pengunaan alat tersebut tidak rumit. “Cukup dengan meletakkan alat tersebut dibawah ban truk dan sudah bisa diketahui kapasitas beratnya,” papar Samsi. (AFRIZAL)

Alpian Tanjung

Read Previous

Dishubkominfo Akan Laksanakan Kawasan Parkir di Tepilaut

Read Next

Angin Kencang, Rumah Warga Tertimpa Pohon Tumbang