Wawako Buka Pelatihan Peyelenggaraan Fardu Kifayah

Tanjungpinang, IsuKepri.com – Wakil Walikota Tanjungpinang, H. Syahrul, S. Pd, membuka pelatihan penyelenggaraan jenazah (Fardu Kifayah) se-Kota Tanjungpinang yang ditandai dengan pemasangan tanda peserta secara simbolis. Kegiatan yang di gelar oleh Bagian Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Kota Tanjungpinang itu juga dilaksanakan di Ballroom Hotel Melia Tanjungpinang, Rabu (04/12).

Pelaksanaan fardhu kifayah mempunyai tiga syarat penting, yaitu selalu ikhlas melaksanakannya, menjaga kerahasian jenazah dan harus punya komitmen dalam melaksanakanya, ucap Syahrul kepada seluruh peserta saat memberikan sambutan pada acara tersebut.

Syahrul juga berharap, dengan dilaksanakan kegiatan tersebut oleh Pemerintah Kota (Pemko) Tanjungpinang, agar dapat menciptakan regenerasi baru pengurus fardu kifayah di Kota Tanjungpinang, menyamakan presepsi, memberikan motifasi kepada masyarakat tentang fardu kifayah sesuai syariat Islam, tentunya dengan harapan para peserta yang mengikuti kegiatan tersebut dapat berkiprah serta mengimplementasikan kepada keluarga maupun warga disekitarnya.

Pengurus jenazah harus yakin setelah melaksanakan mandi mayat ini, akan ada kepuasan bathin yang luar biasa, itulah manfaat yang selama ini saya rasakan saat melaksanakan fardu kifayah, dan sampai saat inipun saya sebagai Wakil Walikota masih membantu masyarakat dalam penyelenggaraan fardu kifayah, kata Wawako.

Lanjut Wakil Walikota, semoga kegiatan yang dilaksanakan dapat memberikan manfaat kepada seluruh peserta. Manfaatkanlah kesempatan ini dengan sebaik – baiknya sehingga dapat dipraktekkan dilingkungannya masing – masing, ucapnya.

Sementara itu, Kepala Bagian Kesejahteraan Masyarakat Setdako Tanjungpinang, Jofrizal, S. Sos menyatakan, kegiatan yang dilaksanakan tersebut bertujuan untuk mempertebal keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT.

Serta meningkatkan Ukhuwah Islamiah dan memberikan motivasi dan memenuhi kekurangan tenaga penyelenggaraan jenazah di Kota Tanjungpinang, ujarnya.

Adapun jumlah peserta yang mengikuti kegiatan tersebut berjumlah sebanyak 80 orang, terdiri dari utusan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dan BKMT se-Kota Tanjungpinang, dan kegiatan dilaksanakan selama tiga hari mulai 4 Desember sampai dengan 6 Desember 2013, dengan narasumber berasal dari Kementrian Agama Pusat, Kankawil Kemenang Provinsi Kepulauan Riau dan Kemenang Kota Tanjungpinang.

Pada kesempatan itu juga, turut hadir Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), Camat, Lurah, serta para peserta. (ALPIAN TANJUNG)

Alpian Tanjung

Read Previous

Wan Samsi Bungkam Terkait Parkir Sembarangan

Read Next

Walikota: Dua Korban Damkar Itu Musibah