Wabup Bintan Buka Festival Layang-layang Internasional 2013

Bintan, IsuKepri.com – Wakil Bupati Bintan, Khazalik mengatakan kunjungan wisatawan ke Bintan makin meningkat dengan banyaknya iven bertaraf internasional yang digelar didaerah. Hal ini lah yang disampaikan oleh Khazalik saat memberikan sambutannya dan sekaligus membuka Festival Layang – Layang Internasional 2013 di Teluk Bakau, Kecamatan Gunung Kijang, Bintan, Sabtu (7/12).

Khazalik mengharapkan iven iven yang digelar di daerah mampu meningkatkan kunjungan wisatawan dari negara asing maupun lokal. Festival tersebut diikuti oleh  65 peserta dari 3 negara yaitu Thailand, Malaysia dan Indonesia dengan total hadiah Rp45 juta.

“Untuk turis mancanegara dengan tingkat ekonomi menengah ke atas selama ini banyak mengunjungi Lagoi. Sedangan untuk tingkat menengah ke bawah banyak mengunjungi pantai Trikora. Karena pantai Trikora sebagai salah satu andalan pariwisata kawasan timur ditargetkan untuk meraih sebanyak-banyaknya turis asing dengan tingkat ekonomi menengah,” tutr Khazalik.

Festival layang-layang, lanjutnya, disamping sebagai iven pariwisata internasional, juga sebagai langkah merevitalisasi layang-layang tradisional. Ia menilai layang-layang perlu dikembangkan disain dengan konsep kekinian sehingga fetival layang-layang menjadi iven yang menarik bagi wisatawan.

“Disamping dengan disain yang dikemas dengan teknologi dan kekinian, lalu didukung dengan public relation yang berwawasan kedepan dan go international, maka festival layang-layang nantinya akan menjadi iven yang membanggakan sebagai iven internasional lainnya seperti Bintan Triathlon, Metaman, maupun Tour de Bintan dan Sail Indonesia yang selama ini telah dikenal luas di dunia internasional,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu, ia juga mengatakan keberhasilan pariwisata di Kabupaten Bintan tidak lepas dari dukungan penuh masyarakat. Dukungan itu antara lain ditunjukkan warga dengan selalu bersikap ramah serta memberikan suasana aman dan nyaman sehingga turis bisa menikmati keindahan alam Bintan secara damai, tanpa ada gangguan dan kekhawatiran.

“Pemerintah Kabupaten Bintan berharap banyaknya turis asing yang berwisata di wilayah pantai Trikora, pantai Teluk Bakau dan kawasan timur pantai Bintan bisa menaikkan taraf hidup dan kemakmuran masyarakat. Dari sebelumnya pekerjaannya adalah seragam dengan menjadi nalayan, kini sudah bertambah profesinya ada yang menjadi pemandu wisata, pekerja hotel, maupun terbukanya lapangan kerja baru lainnya, yang tidak semata-mata menjadi nelayan saja,” lanjutnya. (HK)

suprapto

Read Previous

Rudi Chua Minta Lokasi Kebakaran Harus Steril

Read Next

Sekdako Buka Gawai Seni XI di Lapangan Pamedan