Pemko Tanjungpinang Sosialisasikan Kota Sehat

Tanjungpinang, IsuKepri.com – Pemerintah Kota (Pemko) Tanjungpinang melalui Dinas Kesehatan Kota Tanjungpinang menggelar Sosialisasi Kota Sehat Tahun 2013 di Gedung Wanita Jalan Daeng Celak, Senggarang, Rabu (11/12). Acara itu juga, dibuka oleh Wakil Wali Kota Tanjungpinang, H. Syahrul, S. Pd.

Pada kesempatan itu, Syahrul menyatakan Kota Tanjungpinang mempunyai potensi untuk menuju Kota Sehat, karena dalam kurun waktu sepuluh tahun berturut – turut Kota Tanjungpinang telah meraih Adipura.

Akan hal itu, dengan adanya sosialisasi ini adalah modal dasar kita untuk saling bersinergi dengan stakeholder terkait menuju Kota Sehat, ujar Wakil Wali Kota Tanjungpinang, Syahrul saat membuka acara tersebut.

Ia mengatakan, untuk meningkatkan lingkungan sehat tersebut, ada tiga pilar yang saling bersinergi, yaitu lingkungan sehat merupakan kemandirian masyarakat dalam memelihara dan meningkatkan kualitas kesehatannya.

Lingkungan baik fisik maupun non fisik sangat penting untuk menciptakan masyarakat bertambah sehat, dan seluruh jajaran kesehatan harus mampu mendorong masyarakat terus – menerus meningkatkan kualitas kesehatan lingkungan, sehingga masyarakat sehat dan produktif, ucap Wawako.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota Tanjungpinang, Rustam, SKM, M.si, mengatakan, Kota Sehat merupakan suatu kondisi kota yang bersih, nyaman, aman dan sehat untuk dihuni penduduk, yang dicapai melalui terselenggaranya penerapan beberapa tatanan dengan kegiatan terintegritas yang disepakati oleh masyarakat dan pemerintah daerah.

Adapun tujuan diselenggarakannya sosialisasi ini adalah untuk menyusun konsep – konsep Kota Sehat, dan membentuk Tim Pembina Kota Sehat dengan unsur – unsur yang terdiri dari masyarakat, LSM, mahasiswa, Oranisasi dari dan Forum Kota Sehat terdiri dari unsur birokrasi, ujarnya.

Selain itu, kegiatan tersebut dilaksanakan selama satu hari dan diikuti sebanyak 120 orang peserta perwakilan dari Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FKPD), Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), Camat, Lurah, Organisasi Profesi, dan perwakilan sekolah, dengan narasumber dari Sub Dirjen Kementrian Kesehatan RI.

Sementara, usai membuka sosialisasi Kota Sehat, Wakil Wali Kota Tanjungpinang, H. Syahrul, S. Pd, dan didampingi Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Bappeda, serta Lurah meninjau langsung Rumah Tidak Layak Huni (RTLH), di Kelurahan Melayu Kota Piring dan Kelurahan Tanjung Ayun Sakti. (ALPIAN TANJUNG)

Alpian Tanjung

Read Previous

Dispora Jalin Kerjasama Dengan Koni Tanjungpinang

Read Next

Kesbangpol Gelar Pembinaan Peningkatan Lembaga Masyarakat