Kota Tanjungpinang Layak Raih Adipura Kencana

Tanjungpinang, IsuKepri.com – Atas seringnya Kota Tanjungpinang meraih penghargaan sebagai kota yang berhasil menjaga kebersihan serta pengelolaan lingkungan perkotaan. Akan hal itu, tidak mesti berada diperolehan level Adipura. Karena, jika dilihat dari prestasi yang diraih, Kota Tanjungpinang sudah mampu untuk berada di level Adipura Kencana sebagai prestasi tertinggi.

“Untuk kedepannya, Tanjungpinang ini levelnya ke Adipura Kencana, tidak lagi selevel dengan hanya prestasi Adipura saja,” kata Kabid Pengendalian, Pemanfaatan Ruang dan Sumber Daya Alam dari Pusat Pengelolaan Ekoregion Sumatera Kementerian Lingkungan Hidup, Suharyanto, di Hotel Bintan Plaza, Kamis (5/12).

Hal tersebut disampaikannya, mengingat prestasi Adipura yang sering diraih Kota Tanjungpinang dan keberhasilan program BLH sendiri sebagai kota yang layak untuk prestasi tersebut.

Hadirnya Suharyanto sebagai narasumber di acara Pembinaan Peningkatan Peran Serta Masyarakat Dalam Pengelolaan Persampahan yang digelar Badan Lingkungan Hidup (BLH) Tanjungpinang di Hotel Bintan Plaza Km 3 pada (5 – 6/ 12), adalah untuk lebih mematangkan program BLH yang diangapnya sudah berada di level Adipura Kencana.

“Tanjungpinang sudah tidak level lagi untuk setaraf Adipura, kalau bisa naik ke tingkat yang lebih tinggi, seperti perolehan Adipura Kencana. Untuk memperolehnya, keberhasilan program sangat diperlukan. Tidak hanya sekedar teori, tetapi juga praktik dan melakukan studi banding ke daerah atau kota – kota yang terlebih dulu meraihnya, seperti yang akan kita lakukan pada kegiatan ini,” papar Suharyanto pada IsuKepri.com.

Ia mengemukakan, studi banding tersebut dilakukan supaya masyarakat bisa termotivasi apabila sudah melihat langsung suatu daerah yang jauh lebih bersih dari daerah mereka.

“Contohnya tentang pengelolaan 6 Bank Sampah di Tanjungpinang, bisa saja setelah diadakan penilaian banding antar Bank Sampah di Tanjungpinang, yang terbaik dari penilaian tersebut akan dibawa ke Yogyakarta sebagai Greencity atau daerah lainnya,” ucapnya.

Menurutnya, dengan melakukan studi banding ke daerah tersebut, peran serta masyarakat Tanjungpinang akan meningkat. (SAUD MC)

Alpian Tanjung

Read Previous

Dishub Akan Gembok Kendaraan Parkir Sembarangan

Read Next

HUT Korpri, Khazalik Pimpin Goro di Teluk Bintan