Ketua PKK Serahkan Hadiah Kepada Pemenang Lomba

Tanjungpinang, IsuKepri.com – Ketua Tim Penggerak PKK Kota Tanjungpinang, Hj.Yuniarni Pustoko Weni, SH menyerahkan hadiah kepada pemenang lomba – lomba yang diselenggarakan oleh PKK Kota Tanjungpinang sejak September 2013 hingga November 2013 kemarin. Penyerahan hadiah itu juga dilakukan di Aula Kantor PKK Jalan Daeng Celak, Senggarang, pada Senin (9/12).

Dalam sambutannya, Hj.Yuniarni Pustoko Weni SH menyampaikan, adapun tujuan dari penilaian lomba yang di lakukan, agar melalui lomba tersebut dapat meningkatkan kinerja kader PKK dalam pembangunan, meningkatkan pengetahuan dan keterampilan kader PKK dalam mengelola dan memanfaatkan sumberdaya lokal.

Sehingga dapat meningkatkan kualitas hidup perempuan beserta keluarganya, meningkatkan pemberdayaan dan penguatan lembaga kemasyarakatan di kelurahan dan kecamatan yang produktif, kreatif serta responsive, ujar Weni.

Selain itu, kata Weni, juga dapat memberdayakan lembaga PKK supaya mampu mengembangkan inovasi – inovasi dalam memonitoring masyarakat yang menjadi binaannya secara partisipatoris yang pendekatan metodenya berorientasi pada kebutuhan kelompok masyarakat sasaran.

Maka, pada kesempatan yang berbahagia ini kami mengajak seluruh jajaran PKK Kota Tanjungpinang untuk terus meningkatkan kualitas pengabdian kita kepada masyarakat melalui program dan kegiatan PKK yang telah terprogram dengan jelas dan rinci yang tentunya diarahkan untuk mewujudkan kehidupan keluarga yang saling asih asah dan asuh sebagai norma dasar terwujudnya kebahagian keluarga. Saya juga berharap agar segenap warga PKK dapat menjaga semangat SOLIDARITAS dalam setiap gerak dan aktivitas nya, katanya.

Sementara, kata Weni, pelaksanaan lomba tersebut juga bertujuan agar setiap peserta dan masyarakat tahu bahwa Posyandu tersebut adalah salah satu bentuk upaya kesehatan berbasis masyarakat (UKBM) yang di kelolah oleh masyarakat dan untuk masyarakat.

Serta upaya pembangunan kesehatan yang memberdayakan masyarakat dan memberi kemudahan kepada masyarakat dalam memperoleh pelayanan kesehatan dasar. Selain itu, untuk mempercepat penurunan angka kematian ibu (AKI) dan angka kematian bayi (AKB), ucapnya.

Selanjutnya, agar masyarakat tahu tentang manfaat posyandu tersebut. Serta mendukung perbaikan perilaku keadan gizi dan kesehatan keluarga agar warga dapat menimbang balitanya pada setiap bulan, guna terpantaunya tumbuh dan kembang bayi.

Sedangkan, bayi yang berusia 6 – 11 bulan agar memperoleh 1 kapsul berwarna biru. Sementara anak yang berusia 12 – 59 bulan memperoleh kapsul vitamin A warna merah, serta bayi yang berusia 0 – 11 bulan memperoleh imunisasi hepatitis B 4 kali, BCG 1 kali polio 4 kali, dapat 3 kali dan juga campak 1 kali, katanya.

Weni menyampaikan, dari hasil tim juri, terdapat pemenang lomba dari beberapa kategori. Seperti kategori satu yaitu lomba taman PKK terbaik juara 1 diraih oleh taman PKK Kelurahan Kamboja, juara ke 2 taman PKK Kelurahan Tanjungpinang Barat, juara ke 3 taman PKK Kelurahan Kampung Bugis. Sementara, harapan 1 diraih oleh taman PKK Kelurahan Melayu Kota Piring.

Selain itu, untuk lomba PHBS, juara 1 diraih oleh RW 1 Kelurahan Kampung Baru, juara 2 RW V Kelurahan Batu XI, juara 3 dari RW II, dan harapan 1 RW III Kelurahan Tanjungunggat, serta masih ada beberapa perlombaan dengan tema lomba dasawisma, lomba balita sehat dan lomba menu 3B.

Pada kesempatan itu juga, turut hadir para Kepala Puskesmas se-Kota Tanjungpinang, para juri penilaian lomba, TP PKK Kecamatan se-Kota Tanjungpinang, TP PKK kelurahan dan para pengurus serta kader Posyandu se-Kota Tanjungpinang. (ALPIAN TANJUNG)

Alpian Tanjung

Read Previous

Event Organizer Terbaiq Akan Gelar Pelatihan Bisnis

Read Next

TKW Nyuri Perhiasan Majikan Didakwa di Pengadilan Tanjungpinang