Kasus HIV/ Aids di Kepri Turun ke Peringkat 17

Tanjungpinang, IsuKepri.com – Berdasarkan tingkatan kasus HIV/ AIDS di 33 Provinsi se Indonesia, Provinsi Kepulauan Riau mengalami penurunan dari peringkat 8 pada 2010 silam, ke peringkat 17 untuk 2013.

Menurunnya peringkat kasus HIV/ AIDS di Provinsi Kepri tersebut, kata Kepala Seketariat Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kepri, Beni Kusmayadi, merupakan suatu kemajuan bagi Provinsi Kepri untuk mengurangi kasus HIV/ AIDS.

“Secara nasional, peringkat 17 dari 33 provinsi se Indonesia terhadap banyaknya kasus HIV/ AIDS ini membuktikan, bahwa Kepri ada kemajuan untuk mengurangi kasus tersebut. Karena untuk kasus yang sama pada 2010, Kepri berada di peringkat ke 8 dari 33 provinsi se Indonesia,” kata Beni Kusmayadi, Kamis (5/9).

Kemudian sambungnya, secara prevalensi kasus HIV/ AIDS untuk 2013 Kepri berada di tingkat ke 8, sementara 2010 lalu Kepri berada di posisi ke 4, dengan sasaran usia produktif 15 – 45 tahun secara nasional.

“Artinya, selama 3 tahun dari 2010 lalu sampai saat ini, Kepri sudah memiliki kemajuan, berbanding daerah lain. Seperti Papua yang masih berada di peringkat pertama, Jakarta ke dua, Bali ke tiga dan seterusnya,” ungkap Beni pada Isukepri.com.

Ia mengatakan, untuk lebih mengurangi posisi Kepri terhadap kasus HIV/ AIDS tersebut, KPA Provinsi menghimbau agar tiap kabupaten/ kota harus segera menggesa program pencegahannya dan masing – masing kabupaten/ kota harus ada KPA yang terkait tentang hal tersebut. (SAUD MC)

Alpian Tanjung

Read Previous

HUT Korpri, Khazalik Pimpin Goro di Teluk Bintan

Read Next

KPA Anggap Pembagian Kondom ke Pelajar Kurang Tepat