Gelombang 5 Meter Ancam Nelayan Natuna dan Anambas

Tanjungpinang, IsuKepri.com – Gelombang di perairan Natuna dan Anambas mencapai 5 meter. Hal itu, mendapat perhatian serius dari Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Tanjungpinang. Pasalnya, berhubungan dengan kondisi cuaca buruk, potensi gelombang tersebut menjadi ancaman bagi nelayan dan transportasi laut.

“Tingginya gelombang di perairan Natuna dan Anambas ini perlu diwaspadai oleh masyarakat nelayan maupun transportsi laut lainnya. Karena selain tinggi gelombang mencapai 3 – 5 meter, kondisi ini diperkirakan terus berlanjut sampai 2 hingga 3 hari kedepan,” ujar Prakirawan Cuaca BMKG Tanjungpinang, Arditho, Senin (2/12).

Menurutnya, BMKG Tanjungpinang hari ini mengeluarkan peringatan dini untuk waspada terhadap arus laut yang kuat dan ketinggian gelombang maksimal yang terjadi di perairan Anambas dan Natuna hingga mencapai 3 – 5meter tersebut.

“Tadi (2/12) kita juga sudah mengikuti rapat bersama Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kepri, bahwa rencananya akan ada kegiatan simulasi penanggulangan bencana yang akan dilaksakan di Rimba Jaya,” imbuhnya.

Tambahnya, kegiatan kontijensi yang rencana digelar oleh BPBD Kepri tersebut bertemakan hujan deras disertai angin puting beliung dan gelombang pasang sesuai dengan kondisi cuaca yang melanda kepri saat ini. (SAUD MC)

Alpian Tanjung

Read Previous

Warga Minta Pengawasan Terhadap Kebakaran Hutan

Read Next

Ansar Berikan Bantuan kepada Nelayan Bintan