BNPP Kunker ke Kantor BNK Tanjungpinang

Tanjungpinang, IsuKepri.com – Direktorat Penguatan Lembaga Rehabilitasi Komponen Masyarakat (LRKM) Badan Narkotika Nasional Pusat (BNNP) melakukan kunjungan kerja (Kunker) ke Kantor Badan Narkotika Nasional Kota (BNK) Tanjungpinang, pada Jum”‘at (6/12).

Tujuan kunker LRKM BNNP tersebut guna membahas tentang klinik layanan rehabilitasi bagi pecandu narkoba oleh BNK di Tanjungpinang.

Hal itu diungkapkan oleh Deputi LRKM BNN Pusat, Susanti, saat diwawancarai.

“Melihat angka terhadap pecandu narkoba setiap tahun mengalami peningkatan. Sebagai langkah meminimalisirnya, kita BNN Kota Tanjungpinang bekerjasama dalam hal penetapan Klinik Yunizar Medika sebagai salah satu pusat layanan rehabilitasi terhadap para pecandu narkoba khusus di Kota Tanjungpinang dan sekitarnya,” ucap Susanti.

Selain itu, Susanti menjelaskan, hal itu juga sebagai langkah upaya besar pihak BNN terhadap kepedulian terhadap masyarakat, khususnya pecandu narkoba untuk berkonsultasi mengenai tingkat kecanduan narkoba yang dideritanya.

“Saat ini berdasarkan hasil survey BNN dan Universitas Indonesia (UI) tahun 2011 tingkat penyalahgunaan narkoba di Indonesia pada umumnya semakin meningkat dalam setiap kurun waktu,” ujarnya.

Akan hal itu, Susanti mengatakan, jika tidak diantisipasi pada tahun 2015 jumlah pengguna narkoba akan semakin bertambah hingga mencapai 2,8 persen terhadap pengguna. Hal itu juga sesuai hasil proyeksi BNN Pusat bersama Universitas Indonesia (UI).

“Ini alasan BNN menggandeng Klinik swasta sebagai layanan rehabilitasi kepada masyarakat umum, agar dapat menekan angka penyalahgunaan narkoba kedepannya,” pungkasnya.

Sementara, Kepala BNK Tanjungpinang, AKBP Ahmad Yani mengatakan, meski data yang disebutkan itu Provinsi Kepri termasuk paling besar, artinya hal itu juga termasuk Kota Tanjungpinang yang berada di Provinsi Kepri.

Menurutnya, jika ada klinik layanan wajib lapor terhadap korban pecandu narkoba di Tanjungpinang. Harapan besar kedepan wadah tersebut mampu dimanfaat masyarakat umum dengan baik.

“Kita sangat berharap pihak klinik yang diberi kepercayaan penuh mampu mengemban amanah ini dengan baik,” kata dia. (RON)

Alpian Tanjung

Read Previous

Polres Tanjungpinang Belum Lakukan Persiapan Pengamanan Natal

Read Next

Samsi: Urus KM Sabuk Lantaran Singgah di Tanjungpinang