BLH Tanjungpinang Sosialisasikan Tekhnologi Multy Drum

Tanjungpinang, IsuKepri.com – Dalam rangka pemanfaatan tekhnologi ramah lingkungan, Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kota Tanjungpinang melakukan sosialisasi tekhnologi Multy Drum kepada masyarakat di Kantor Kecamatan Tanjungpinang Barat, Kamis (12/12).

Selain sosialisasi, pelaksanaan acara itu juga memberikan edukasi sekaligus pembinaan terhadap pemanfaatan sampah tersebut.

Kepala Badan Lingkungan Hidup Kota Tanjungpinang, Grounimo menyampaikan, pelakanaan acara itu juga untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat bahwa sampah bisa diolah menjadi sesuatu yang bermanfaat. Di antaranya melalui tekhnologi Multy Drum.

“Multy Drum ini bisa dimanfaatkan oleh masyarakat sebagai alat untuk mengolah sampah menjadi Gas Methan yang bisa digunakan untuk menggantikan gas Elpiji dengan resiko yang sangat minim,” kata Grounimo, di kantor Camat Tanjungpinang Barat.

Acara yang dihadiri 50 peserta tiap kecamatan Se Tanjungpinang ini, katanya, sengaja dilakukan BLH karena melihat keberhasilan dari Kota Malang yang lebih dulu sukses menggunakan tekhnologi tersebut.

“Sebab itu, kita menghadirkan narasumber dari BLH Malang untuk memberikan pembinaan langsung kepada masyarakat seputar tekhnologi Multy Drum,” katanya.

Kegiatan akhir BLH Tanjungpinang pada 2013 ini, ungkapnya tidak hanya memberikan teori, namun untuk kegiatan yang sama dari 12 – 14 tersebut akan diberikan praktik langsung dengan harapan program tersebut berhasil di masyarakat Tanjungpinang.

“Pembinaan ini kita lakukan di 4 kantor camat se – Tanjungpinang. Dari mulai Kecamatan Tanjungpinang Barat, Bukit Bestari, Kota dan penutup di Tanjungpinang Timur yang dihadiri oleh 50 peserta dari masing – masing kecamatan,” paparnya.

Menurutnya, dari 512 multy drum yang disediakan, nanti per unitnya akan dibagikan kepada setiap kelompok yang terdiri dari 3 – 4 KK per kelompoknya di tiap kecamatan. (SAUD MC)

Alpian Tanjung

Read Previous

OKP Desak Musda KNPI Bintan Segera Digelar

Read Next

Aris : Beasiswa Bintan Harus Transparan