BCC Minta Pemprov Luncurkan SKPD Bebas Korupsi

Tanjungpinang, IsuKepri.com – Pemerintah Provinsi Kepri diharapkan berani meluncurkan program Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) bebas korupsi. SKPD bebas korupsi merupakan agenda untuk mendukung Rencana Aksi Daerah Pencegahan dan Pemberantasan Korupsi (RAD PPK). Hal ini diungkapkan oleh Koordinator Bintan Crisis Center (BCC), Suryadi saat diskusi publik sempena peringatan hari anti korupsi di Tanjungpinang, Selasa (10/12).

“Saat ini, belum ada SKPD di Kepri yang berani mengatakan zona bebas korupsi dilingkungannya. Padahal zona bebas korupsi merupakan upaya rencana aksi daerah pencegahan dan pemberantasan korupsi,” ujar Suryadi.

Lebih lanjut, Suryadi yang juga dosen Umrah itu menjelaskan bahwa korupsi masih terjadi secara masif dan sistematis. Praktiknya bisa berlangsung dimanapun, di lembaga negara, lembaga privat, hingga di kehidupan sehari-hari. Melihat kondisi seperti itu, maka pencegahan menjadi layak didudukkan sebagai strategi utama. Dalam mencegah tindak pidana korupsi, terutama di pemerintahan, maka SKPD harus mampu menerapkan sistem akuntasi yang akuntabel.

“Salah satu parameter SKPD bebas korupsi adalah semua penerimaan dan pengeluaran dapat dibuktikan secara akuntansi,” katanya.

Suryadi juga mengatakan, bahwa pencegahan tindakan korupsi bukan dengan memasang baliho di jalan-jalan. Pemasangan baliho hanya sebagai bentuk himbauan kepada masyarakat. Namun, pencegahan harus dengan menggunakan sistem yang telah diatur, dan secara teknis di implementasikan dilapangan.

Saat ini, RAD PPK belum dijalankan secara serius oleh pemerintah daerah. “Untuk tahun 2014, maka RAD PPK diharapkan sudah dapat dijalankan, dan melibatkan semua pihak terutama kalangan akademisi,” katanya. (Iwan)

suprapto

Read Previous

Mahasiswa FE UMRAH Keluhkan WiFi Fakultas

Read Next

Liga Champions Eropa 2013-2014 : Manchester United vs Shakhtar Donetsk 1-0