Pemko Tanjungpinang Gelar Pawai Menyambut 1 Muharram

Tanjungpinang, IsuKepri.com – Pemerintah Kota (Pemko) Tanjungpinang melalui Bagian Administrasi Keejahteraan Rakyat Seketariat Daerah Kota Tanjungpinang, menggelar acara Pawai Pekan Muharram, pada Senin (4/11) di Lapangan Pamedan Ahmad Yani.

Pawai itu juga dilaksanakan sebagai awal dimulainya rangkaian kegiatan peringatan tahun baru Islam 1 Muharram 1435 H yang jatuh pada 5 November 2013. Selain itu, para peserta pawai tersebut diikuti oleh seluruh anggota BKMT, Ormas Islam, Pelajar, serta mahasiswa yang tergabung dalam Organisasi Islam se-Kota Tanjungpinang.

Dalam pelaksanaan acara itu juga hadir Wali Kota Tanjungpinang, H. Lis Darmansyah, SH dan di dampingi Ketua Tim Penggerak PKK Kota Tanjungpinang, Hj. Yuniarni Pustoko Weni serta Wakil Wali Kota Tanjungpinang, H. Syahrul, S.Pd beserta Ketua GOW Kota Tanjungpinang, Ny. Juariyah Syahrul.

Pada kesempatan itu juga, tampak hadir Plh. Sekda Provinsi Kepri, Said Agil, Plt. Sekretaris Daerah Kota Tanjungpinang, Dr. H. Syafrial Evi, MS, S.Sos, MM, Ketua DPRD Kota Tanjungpinang, Suparno, jajaran FKPD Kota Tanjungpinang serta seluruh Kepala SKPD dilingkungan Pemerintah Kota Tanjungpinang.

Selain itu, kedatangan Lis ke lokasi acara disambut antusias oleh warga sekitar, terutama para pedagang makanan dan jajanan yang memang sehari – harinya berjualan disekitar arena. Dengan gayanya yang khas dekat dengan wong cilik. Lis dengan hangat menghampiri para pedagang dan sempat melakukan obrolan singkat dengan warga sekitar.

Sementara itu, Iring – iringan barisan pawai yang memasuki Lapangan Pamedan A.Yani pun langsung disambut oleh Lis beserta jajarannya.

Dikatakan Lis, kegiatan pawai tersebut merupakan kegiatan perdana yang ditaja oleh Pemerintah Kota Tanjungpinang dan bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau. Lis dan Syahrul bertekad untuk membuat perayaan atau peringatan Hari Besar Islam semeriah mungkin.

Dengan peringatan Tahun Baru Hijriah ini, kita semua tentunya berharap dan memohon kepada Allah SWT agar kehidupan kita menjadi lebih baik lagi, diberikan kesehatan dan dilimpahkan rezeki dan karunia-Nya di tahun – tahun yang akan datang, kata Lis.

Bahkan, kata dia, semua orang bisa merayakan tahun baru Masehi, tapi umat Islam juga memiliki hari besar yang bisa diperingati secara meriah dan tidak kalah meriah dengan peringatan – peringatan lainnya.

Pemerintah Provinsi Kepri dan Pemerintah Kota Tanjungpinang sudah sama – sama sepakat, mulai saat ini dan seterusnya untuk melaksanakan peringatan Hari Besar Islam secara bersama – sama. Ini juga untuk memberikan kesan bagi para generasi muda pada khususnya dan seluruh masyarakat Kota Tanjungpinang pada umumnya bahwa peringatan Hari Besar Islam juga bertujuan untuk tetap mempertahankan norma – norma Islam. ucapnya.

Lis menambahkan, dengan momen peringatan Tahun Baru Islam ini, merupakan waktu yang tepat bagi semua untuk introspeksi diri mengulas kembali apa saja yang telah kita lakukan selama 1 tahun terakhir dan tentunya berharap menjadi pribadi yang lebih baik lagi di tahun – tahun yang akan datang.

Pada kesempatan itu juga, Wakil Wali Kota Tanjungpinang, Syahrul menyatakan, kegiatan yang dilaksanakan agar membawa hikmah untuk kehidupan ummat Islam.

Karena, dengan peringatan 1 Muharram ini selain introspkesi diri, kita juga wajib meningkatkan ukhuwah Islamiyah dan bertekad menjadikan masyarakat Tanjungpinang menjadi masyarakat yang agamis dan berakhlak mulia, ucap Syahrul.

Adapun rangkaian acara pada peringatan 1 Muharram 1435 H tersebut, diawali dengan Pawai Pekan Muharram di lapangan Pamedan A.Yani pada 4 November 2013, dan dilanjutkan dengan Istighosah, doa dan dzikir bersama di Masjid Agung Al Hikmah pada sore harinya yang menghadirkan da’i kembar dari Jakarta yaitu Ustadz Aldi dan Ustadz Alwi, serta Tabligh Akbar di malam hari di halaman Gedung Daerah yang menghadirkan penceramah dari Medan Prof. Dr. Ahmad Zuhri, MA. (ALPIAN TANJUNG)

Alpian Tanjung

Read Previous

Semarak 1 Muharram, Pemkab Bintan Undang Mohay Attaly

Read Next

Kunjungan Wisman Turun 8,73 Persen Pada September 2013