Pelajar SMA dan SMK Ikuti Diklat Bela Negara

Tanjungpinang, IsuKepri.com – Ratusan pelajar SMA/ SMK se-Kota Tanjungpinang, mengikuti pendidikan dan pelatihan (Diklat) bela Negara yang digelar oleh Dinas Pemuda dan Olahraga di Hotel Halim, pada Kamis (14/11). Pelatihan itu juga, dibuka oleh Wali Kota Tanjungpinang, H. Lis Darmansyah, SH.

Pada kesempatan itu juga, Lis menyampaikan, bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa – jasa pahlawannya. Bahkan, kalimat tersebut terus menerus diucapkan oleh Wali Kota saat membuka pendidikan dan pelatihan bela negara untuk generasi muda tersebut.

Generasi muda merupakan generasi penerus perjuangan bangsa. Apapun keadaan bangsa ini, harus tertanam di diri dan jiwa kita, bagaimana kita sangat mencintai bangsa ini. Kalau dulu ada pelajaran P4 (Pedoman Penghayatan dan Pengamalan Pancasila), ucap Lis dihadapan ratusan peserta diklat yang merupakan para pelajar SMA/ SMK sederajat se-Tanjungpinang.

Wali Kota mengatakan, namun saat ini sudah tidak ada lagi. Untuk itu, sebagai gantinya adalah pendidikan dan pelatihan yang wajib diberikan kepada generasi muda guna menanamkan nilai – nilai kebangsaan.

Kami ini generasi dulu, kalian adalah generasi muda pengganti dan penerus kami. Oleh karena itu, ikuti dengan baik pelatihan ini. Cermati dan maknai setiap nilai – nilai kebangsaan agar tertanam di diri kita akan nilai luhur perjuangan para pahlawan, kata Lis.

Lis menyampaikan, bangsa Indonesia adalah bangsa yang besar, penduduknya nomor 5 terbanyak di dunia dan wilayahnya tersebar di pulau – pulau. Untuk menjaganya, dibutuhkan pertahanan dan bela negara yang bukan hanya oleh para aparatur pemerintah atau tentara saja, namun juga oleh pemuda sebagai generasi penerus bangsa.

Generasi muda harus memiliki nilai – nilai kebangsaan yang kuat, karena bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa – jasa pahlawannya, ucapnya.

Lis mengutarakan, pendidikan dan pelatihan tersebut merupakan salah satu upaya untuk menanamkan dan memupuk kesadaran pemuda untuk bela Negara. Hal itu merupakan hak dan kewajiban selaku warga negara Indonesia seperti yang tertuang dalam Undang – Undang Dasar 1945 pasal 30 yang berbunyi

Tiap – tiap warga Negara berhak dan wajib ikut serta dalam usaha pembelaan Negara, ujarnya.

Pada kesempatan itu juga, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Tanjungpinang, Juramadi Esram menyampaikan, kegiatan diklat yang dilaksanakan merupakan kerjasama antara Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Tanjungpinang dan Batalyon Marinir Angkatan Laut Tanjungpinang.

Serta menghadirkan narasumber yang berasal dari Batalyon Marinir, Polisi, dan Angkatan Darat. Sedangkan, pelaksanaan diklat ini sendiri akan berlangsung di dua tempat, yaitu Hotel Halim serta Bumi Marinir Tanjungpinang, ucap Esram. (ALPIAN TANJUNG)

Alpian Tanjung

Read Previous

Satpol PP Kepri Gelar Raker Sumber Daya

Read Next

Kontrak 300 Honorer Lulus Tes Akan Diperpanjang