Gubenur Lepas 33 Tim Dragon Boat Race 2013

Tanjungpinang, IsuKepri.com – Gubernur Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), H. Muhammad Sani, melepas sebanyak 33 tim dayung dalam pelaksanaan ivent wisata Dragon Boat Race 2013 di pelataran Ocean Corner Tanjungpinang, Sabtu (23/11).

Pelaksanan Dragon Boat Race Tanjungpinang 2013 dikuti oleh 33 tim yang terdiri tim dari luar negeri, yaitu Malaysia dan Singapura, selebihnya tim dari dalam negeri yang memperebutkan piala bergilir Gubernur Kepri yang ke 12.

Gubernur dalam sambutanya mengatakan, dalam pelaksanaan ivent tersebut, semoga dapat melahirkan atlet – atlet yang handal dan mampu membawa Tanjungpinang Provinsi Kepri ke pentas Nasional maupun Internasional.

Sebagaimana diketahui, kata Sani, Provinsi Kepri ada 96 persen luas wilayahnya yang terdiri dari laut, yang bisa menjadi andalan.

“Jadi, dengan Ivent dragon boat ini, semoga Tanjungpinang bisa lebih meningkatkan pertumbuhan khususnya di bidang pariwisata, karena Kepri daerah berbasis kelautan yang luasnya sekitar 96 persen,” kata Sani.

Selanjutnya, sambung Sani, Dragon Boat itu juga sudah ada dan dilaksanakan semenjak tahun 1988. “Tapi, secara resmi untuk ivent ini kita melaksanakanya sudah 12 kali di Kota Tanjunginang dan saya minta Walikota Tanjungpinang dengan adanya ivent ini lebih ditingkatkan lagi, khusus untuk memajukan pertumbuhan pariwisata,” katanya.

Dia menambahkan, Ivent tahunan Dragon Boat Race yang menghabiskan dana Rp1 miliar dari APBD-Perubahan 2013 Kota Tanjungpinang tersebut adalah sebuah ivent Internasional dan memiliki gaung dalam dunia pariwisata.

“Jadi Pemko harus lebih menggali dan menumbuhkembangkan lagi sejumlah obyek wisata di Tanjungpinang, agar wisatawan semakin tertarik datang untuk berkunjung dan harus dikembangkan dan dipromosikan pada dunia luar,” katanya.

Walikota Tanjungpinang, H. Lis Darmansyah SH dalam sambutanya mengatakan, dengan adanya DBR ini kedepanya lebih menigkat lagi, khususnya di bidang pariwisata.

“Secara tak langsung ivent ini sudah memperkenalkan atau mempromosikan objek wisata yang ada di Tanjungpinang. Dan kedepanya untuk tahun 2014 kita berencana membikin tempat sarana khususnya promosi di bidang pariwisata yang bertempat si sungai carang,” kata Lis.

Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kota Tanjungpinang, Efiar M Amin mengatakan, Dragon Boat Race 2013 (DBR) selain sebagai sarana promosi khusus di bidang pariwisata, juga sebagai upaya peningkatan ekonomi.

Dengan adaya Dragon Boat Race juga diharapkan mampu membawa dampak perekonomian bagi masyarakat, selain berupaya untuk melestarikan budaya tradisi dan mengemasnya menjadi atraksi wisata, ujarnya.

Efiar menambahkan, selain 33 tim yang megikuti Dragon Boat Race tahun ini, juga menampilkan pertunjukan kesenian dan Budaya Tanjungpinang, yaitu artis kelompok musik group band Kota dari Jakarta, yang akan dilaksanakan pada 25 November 2013 di Lapangan Pamedan.

“Penambahan pertunjukan musik dan kesenian pada ajang Tanjungpinang Dragon Boat Race ini merupakan bentuk dukungan untuk meningkatkan kualitas agenda wisata tahunan Pemko Tanjungpinang,” kata Efiar(AFRIZAL)

Alpian Tanjung

Read Previous

Tanjungpinang Kebanjiran Mangga Asal Pulau Jawa

Read Next

10 Tim Dragon Boat Masuk Semi Final