DKP Kepri Gelar Festival Masak Serba Ikan

DKP Gelar Festival Masak Serba IkanBatam, Isukepri.com – Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) menggelar festival masakan serba ikan dengan menu Nusantara, Kamis (28/11). Festival itu juga, dihadiri oleh Ketua DPRD Kepulauan Riau, Ketua Tim MURI Yusuf Nadri, Kepala Dinas Pariwisata, dan Lantamal IV Tanjungpinang.

Festival itu juga, di pemrakarsai oleh Tim Penggerak PKK Provinsi Kepri, dan sebagai pendukung utama adalah Persatuan Hotel Restoran Indonesia (PHRI) Kota Batam yang bertemakan “500 Masakan Serba Ikan Menu Nusantara dari 60 jenis ikan”.

Sedangkan, dalam festival tersebut, jumlah peserta yang ikut sebanyak 100 orang dan berasal dari utusan hotel, restauran/ rumah makan, catering, organisasi wanita, PKK, sekolah tataboga, serta perorangan.

Ketua pelaksana, Ade Novita selaku Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK) dalam sambutannya menyampaikan, melihat potensi alam Kepulauan Riau (Kepri) 94 persen dari laut dan 6 persen daratan, maka Dinas Kelautan dan Perikanan berupaya dan bercita – cita agar Kepri menjadi Provinsi maritim. Sehingga, kedepannya akan menjadi nilai bisnis yang handal.

Tujuan dari festival ini adalah mengangkat kreasi masakan serba ikan menu nusantara, dan meningkatkan keterampilan memasak ikan bagi peserta, menyebarluaskan informasi dan mengedukasi masyarakat tentang manfaat dan keunggulan mengkonsumsi ikan, ujar Ade.

Bahkan, kata Ade, dengan target terangkatnya kreasi 500 masakan serba ikan menu nusantara, dan terpecahkan Rekor MURI oleh Provinsi Kepri.

Event yang baik ini, diharapkan Kepri sejahtera dan menjadikan provinsi maritim, menjadikan Kepri sebagai kawasan wisata kuliner dimana masing – masing pulau mempunyai aroma masakan yang spesifik, membangun pundi – pundi ekonomi, ucapnya.

Sehingga, potensi daerah muncul dan nantinya akan tercipta pengusaha – pengusaha kuliner kecil bagi nelayan dan mendapat dukungan maupun respon positif bagi masyarakat Kepri.

Dalam kegiatan festival masakan serba ikan menu nusantara itu juga, jumlah menu yang dimasak sebanyak 500 menu dari 60 jenis ikan. Setiap peserta akan diberi ikan Bawal Bintang dan menu berbahan baku ikan Bawal Bintang tersebut merupakan menu yang akan di perlomabakan.

Peserta mengambil ikan pada hari Rabu 27 November di Hotel Planet Holiday kemudian di masak di tempat peserta masing – masing. Lomba yang ditargetkan 400 peserta dari 60 jenis masakan tersebut, mencapai 500 peserta dan mencapai 62 jenis masakan khas.

Selain itu, masing – masing pemenang akan mendapatkan hadiah dan piala serta piagam. Besaran hadiah untuk juara 1 sebesar Rp7.500.000, juara 2 sebesar Rp6.500.000, juara 3 sebesar Rp5.500.000. Harapan 1 sebesar Rp4.500.000, harapan 2 sebesar Rp3.250.000, harapan 3 sebesar Rp2.250.000 selain juara dan harapan peserta akan mendapatkan piala dan piagam. Bagi peserta yang belum beruntung akan mendapatkan uang pembinaan sebesar Rp250.000. Baik peserta yang kalah maupun peserta yang menang akan mendapatkan uang Rp250 ribu sebagai uang pembinaan.

Salah satu menu pokoknya yaitu ikan bawal bintang dan 1 ikan lain untuk penilaian rekor MURI. (CR03)

Alpian Tanjung

Read Previous

Komunitas Hijabers Populerkan Hijab Kepada Wanita di Batam

Read Next

Masyarakat Perbatasan Perlu Perhatian Pemerintah