Bupati Bintan Minta Bantuan Gubernur Atasi Banjir di Kangboy

Bintan, IsuKepri.com – Desa Kangboy Kecamatan Toapaya hingga Sekolah Dasar (SD) 003 Kang Boy sudah menjadi langganan banjir setiap musim hujan dan belum terselesaikan hingga sekarang. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bintan meminta kepada Pemerintah Provinsi Kepri untuk membantu menyelesaikan permasalah banjir tersebut.
Bupati Bintan Ansar Ahmad menyampaikan, desa Kangboy kalau hujan dalam intensitas rendah tidak terjadi banjir. Namun kalau hujan yang turun cukup deras makan akan terjadi banjir disini.

Banjir akan semakin lama surutnya apa bila kondisi air laut pada saat itu sedang dalam keadaan pasang. Karena pembuangan air melalui sungai tersebut langsung terkoneksi kelaut. Sehingga pada saat pasang pembuangan air menjadi tertahan. Dan kondisi ini sedang dipelajari oleh Dinas PU.

Terkat dengan pemindahan sekolah dia menyampaikan, pemindahan lokasi sekolah SD 003 Kang Boy perlu ada pertimbanga-pertimbangan dahulu dari berbagai aspeknya. Sehingga untuk saat ini langkah yang dilakukan adalah melakukan pembersihan aliran-aliran sungai agar air hujan yang ada dapat mengalir dengan lancar.

“Kita bersihkan dahulu aliran suangainya, sayang bangunannya kalau dipindah sekolahnya. Kalau bisa kita atasi banjir ini kan tidak perlu pindah sekolahnya,”katanya disela-sela melakukan gotong royong bersama dilokasi banjir.

Sebagai mana saran dari Dinas PU, kata Ansar, untuk permasalahan banjir untuk saat ini cukup dilakukan penyelesaian dengan cara lain tampa harus memindahkan SD dan masyarakat setempat.

“Untuk menyelesaikan ini kita minta bantuan dari Pemrov Kepri anggaran sebesar Rp2 miliar dan sisa dari penangannnya baru dari kita Pemkab Bintan. Anggaran yang diajukan tersebut nantinya akan digunakan untuk melakukan normalisasi sungai. Yang mana pada saat sekarang ini dipenuhi rumput, sudah dangkal dan perlu dilakukan juga perlebaran,”katanya.

“Saya menghimbau kepada masyarakat mari kita bersama-sama bergotong royong  dan menjaga kebersihan sungai ini. Dan juga saya meminta kepada kedai yang ada disana untuk melakukan pembersihan dalam tiga hari ini,”katanya. (HK)

suprapto

Read Previous

Dialog Khusus Permasalah Kepemimpinan Tanah Air

Read Next

GOPTKI Bintan Gelar Lomba Tari Kreasi