Pemko Gelar Upacara Hari Jadi Otonom Ke-12

Tanjungpinang, IsuKepri.com – Pemerintah Kota (Pemko) Tanjungpinang, menggelar upacara peringatan Hari Jadi Kota Otonom Ke-12 yang jatuh pada 17 Oktober 2013 di halaman Kantor Perpustakaan dan Arsip Kota Tanjungpinang, Kamis (17/10).

Dalam upacara tersebut, diikuti oleh seluruh Pejabat, Pegawai Negeri Sipil (PNS), serta Honorer dilingkungan Pemerintah Kota Tanjungpinang. Bertindak sebagai Pembina Upacara, Wali Kota Tanjungpinang, H. Lis Darmansyah, SH, sedangkan pembacaan sejarah singkat terbentuknya Kota Otonom dibacakan oleh Asisten Pemerintahan, Drs. H. Tengku Dahlan, MT.

Kota Tanjungpinang genap berusia 12 tahun. Sejak kelahirannya pada 21 Juni 2001, melalui Undang – Undang Nomor 5 tahun 2001. Kemudian pada 17 Oktober 2001, daerah Otonom diresmikan oleh Menteri Dalam Negeri Hari Subarno bersama 12 Kabupaten dan Kota se-Indonesia.

Sejak saat itu, Hari Jadi Kota Otonom Tanjungpinang diperingati setiap Tanggal 17 Oktober, Tanjungpinang sebagai daerah otonom memiliki karakter tersendiri dalam mewujudkan kesejateraan bagi masyarakatnya.

Pada kesempatan itu juga, Wali Kota Tanjungpinang, H. Lis Darmansyah, SH mengatakan, dalam rangka mewujudan Visi Misi, dan strategi melalui program – program pembangunan yang dilakukan disegala bidang, dan telah mengalami perubahan kearah kemajuan dari waktu ke waktu, seiring dengan perkembangan tuntutan masyarakat.

Sebagaimana peringatan Hari Jadi Kota Otonom Tanjungpinang pada tahun 2013, yang dikemas dengan mengangkat tema Mari kita wujudkan Tanjungpinang yang bersih, ramah lingkungan, berakhlak mulia serta berbudaya menuju pemerintahan yang akuntable dan melayani dalam mencapai Tanjungpinang sejahtera .

Diusianya yang relatif muda, Kota Tanjungpinang telah menunjukan kesuksesan dibidang pendidikan, dalam rangka mensukseskan Program Wajib Belajar 12 tahun, penyediaan Beasiswa, bidang kesehatan dengan melakukan peningkatan fasilitas kesehatan, pelayanan kesehatan penduduk miskin, pengentasan kemiskinan melalui Program Rumah Tidak Layak Huni (RTLH), peningkatan usaha bagi masyarakat (home industry), ucap Lis.

Sementara itu, Pemerintah Kota Tanjungpinang, berhasil menurunkan tingkat pengganguran, pembangunan infrastruktur, hal ini setidaknya dapat diwujudkan melalui diterimanya berbagai predikat penghargaan dalam segala bidang.

Baik predikat penghargaan pada tingkat Povinsi dan Pemerintah Pusat berkaitan dengan kinerja pelaksanaan pemerintah, pembangunan dan pelayanan masyarakat berupa penghargaan adipura, pengembangan karang taruna, kepedulian kehutanan, penghargaan kepada kelompok tani nelayan andalan serta prestasi kesenian, budaya dan Raskin Award, ujar Lis.

Lis mengucapkan terimakasih atas semua penghargaan yang telah diperoleh, pada dasarnya bukanlah tujuan akhir, namun setidak – tidaknya dapat menjadi indikator penilaian dari keberhasilan atas upaya pembangunan yang dilaksanakan secara bersama – sama, antara Pemerintah, DPRD dan seluruh lapisan masyarakat kota Tanjungpinang.

Upacara peringatan Hari Jadi Ke-12 Kota Otonom tersebut, dihadiri juga mantan Wali Kota Tanjungpinang, Hj. Suryatati A. Manan, mantan Wakil Wali Kota, H. Edward Musali, Ketua TP PKK Kota Tanjungpinang, Hj. Yuniarni Pustoko Weni, SH, Ketua GOW, Juariah Syahrul, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FKPD), DPRD, Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), Camat, Lurah, Para Pejuang Pendiri Kota Tanjungpinang, Tokoh masyarakat, serta tamu undangan lainnya. (ALPIAN TANJUNG)

Alpian Tanjung

Read Previous

Anggota AJI Batam di Tanjungpinang Akan Daftar Asuransi ke Jamsostek

Read Next

Hari Jadi Otonom Diperingati Pada Rapat Istimewa