Pemkab Bintan Akan Tambah Satu Pabrik Es

Bintan, IsuKepri.com – Pada tahun 2014 mendatang Pemerintah Kabupaten Bintan bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi Kepri akan membangun satu lagi pabri pembuatan es baru di daerah Berakit Kecamatan Teluk Sebong.
Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Bintan Wan Rudi menyampaikan, pada tahun 2014 mendatan akan dibangun satu pabrik es kembali di Berakit guna dapat memenuhi kebutuhan para nelayan yang ada didaerah tersebut.

“Kita dari Pemkab menyadiakan lahan dan untuk bangunannya itu dari Pemrov. Kapasitasnya sekitar 25 ton nantinya,”terangnya.

Dia menyampaikan, pada saat ini telah ada sebanyak empat pabrik es yang telah dibangun oleh pemerintah yaitu dua di Kijang, satu di Kawal dan satu di Tambelan.

“Pabrik yang baru ini, diawal nantinya masih mempergunakan genset, tapi kedepannya akan mempergunakan PLN. Karena kalau pakai genset biaya operasionalnya tinggi. Kalau kita pakai genset lebih mahal 30 persen dari pada PLN biayanya,”ungkapnya.

Menurunya, dirinya meminta kepada penglola nantinya, untuk harga yang dijual kepada nelayan dibawah dari yang telah ada pada saat sekarang ini.

“Kalau biasanya per ton itu ditempat lain Rp330 ribu kalau disini dijual Rp300 ribu saja. Kan tidak perlu mikirkan kapan balik modal karena bangunan dan yang lainnya sudah ditanggung pemerintah. Beda kalau suwasta memikirkan untuk balik modal,”katanya.

Diharapakan dengan adanya penambahan pabrik es ini dapat membantu para nelayan baik yang ada di Berakit maupun nelayan lainnya yang ada di Bintan.

Jumlah nelayan di Bintan ada sebanyak 12 ribu tapi jumlah kapal nelayan lebih kurang 1747 dan yang tidak terdaptar ada sekitar 200. Dan nelayan yang paling banyak terdapat didaerah Bintan Timun, Bintan Pesisir, Manyang, Tambelan dan Gunung Kijang. (HK)

suprapto

Read Previous

Pemko Tanjungpinang Ikuti Rapat TPID Regional Sumatera

Read Next

Pengemis Cilik Makin Banyak di Batam