Lis Pimpin Upacara Peringatan Kesaktian Pancasila

Tanjungpinang, IsuKepri.com – Pemerintah Kota Tanjungpinang, melaksanakan Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila di halaman Kantor Wali Kota, Senggarang Selasa (1/10). Dalam pelaksanaan upacara tersebut, Wali Kota Tanjungpinang, H. Lis Darmansyah, SH, sebagai Pembina upacara dan turut dihadiri Wakil Wali Kota Tanjungpinang, H. Syahrul, S.Pd, Sekretaris Daerah Kota Tanjungpinang, Dr.H. Syafrial Evi.Ms,S.Sos,MM dan seluruh kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), para staf serta honorer dilingkungan kerja Pemerintah Kota Tanjungpinang.

Dalam upacara tersebut, Lis membacakan sambutan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Muhammad Nuh, Pancasila telah mempersatukan kita sebagai bangsa dan negara yang utuh, namun sejak reformasi pancasila seolah – olah kurang memperoleh perhatian bersama.

Sehingga dikhawatirkan memudar bersama sejarah masa lalu, oleh karena itu, adapun makna peringatan pancasila kali ini bagaimana memperkokoh pancasila sebagai sumber nilai jati diri bangsa dan sebagai pondasi sekaligus acuan dalam mewujudkan Indonesia yang adil, makmur, dan sejahtera bersama tiga pilar dan konsesus nasional yaitu UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika dan NKRI, ucap Wali Kota.

Lis mengatakan, dalam era globalisasi, cenderung yang menguat adalah nilai – nilai lintas batas antar bangsa baik secara geografis, demografis maupun psikografis.

Untuk itu, kita harus bersyukur memiliki pancasila yang membuat kita mampu menjaga jati diri bangsa, sekali lagi pancasila adalah hasil perumusan dari konsesus nasional yang secara konstitusional dan moral mengikat setiap insan Indonesia, katanya.

Saat ini, kata dia, bagaimana bangsa Indonesia mampu mempertahankan nilai – nilai pancasila dengan konteks dan perkembangan zaman.

Saya harap, agar makna dan tujuan pancasila, bait kata dan kalimat dihayati makna dan tujuannya agar nilai – nilai pancasila dapat ditumbuhkembangkan untuk menjawab tantangan zaman, ucap Lis. (ALPIAN TANJUNG)

Alpian Tanjung

Read Previous

Gubernur Lantik 3 Pejabat Eselon II

Read Next

Parah, Kantor Plasa Telkom Magelang Pasang Bendera Terbalik