Lis Minta Lurah Wajib Kunjungi Rumah Warga

Tanjungpinang, IsuKepri.com – Wali Kota Tanjungpinang, H. Lis Darmansyah SH, menegaskan dan meminta kepada lurah yang ada di Kota Tanjungpinang, agar wajib mengunjungi rumah warga yang mendapatkan bantuan Rehabilitasi Sosial Rumah Tidak Layak Huni (RSRTLH). Permintaan tersebut disampaikanya saat membuka sosialisasi RTLH terhadap 340 orang peserta se Kota Tanjungpinang Tahun 2013, di gedung aula Muhammadiyah Km 8 Tanjungpinang, Senin (7/10).

“Saya minta kepada lurah yang ada di Kota Tanjungpinang, supaya mengunjungi kembali dan mengecek sampai dimana pengerjaan RTLH tersebut, apakah sudah tepat sasaran, udah cocok atau belum, kalau belum kita cari jalan keluarnya, agar Pemerintahan kita nanti tak disalahkan,” kata Wali kota dalam sambutanya.

Selain itu, Wali kota juga menyampaikan, RTLH ini merupakan salah satu solusi Pemerintah Kota Tanjungpinang untuk mengatasi permasalahan kemiskinan.

“Saya yakin, dalam pelaksanaan nantinya akan berjalan dengan lancar, untuk kelancaran pelaksanaan RTLH ini tentunya harus dilakukan koordinasi antara pemilik rumah, Lurah serta pihak terkait. Dan jangan coba – caba dinas terkait bermain dan melakukan pungli, kalau ada sms saya,” kata Lis.

Lis menambahkan, yang terpenting dalam menjalankan tugas itu, harus ada saling mengawasi dan kepada penerima RTLH, untuk selalu memberikan informasi kepada Lurah serta Dinas terkait, tentang kendala – kendala dalam pelaksanaan nanti.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesejahteraan Sosial dan Tenaga Kerja (Dinsosnaker) Kota Tanjungpinang, Demyath juga menyampaikan, tujuan diadakan sosialisasi RTLH tersebut, untuk membekali pengetahuan kepada pihak yang terlibat dalam pelaksanaan rehabilitasi rumah tidak layak huni sekitar 340 orang peserta, serta menyamakan persepsi tentang RLTH.

Demyath menambahkan, peserta Sosialisasi RTLH berjumlah sekitar 340 orang tersebut, terdiri dari 300 orang calon penerima manfaat RTLH, 18 orang pendamping RTLH, 4 orang staf kecamatan dan 18 orang staf kelurahan.

Adapun penerima RTLH dari 4 kecamatan tersebut, “Untuk Kecamatan Tanjungpinang Timur terdapat 88 Kepala Keluarga, Tanjungpinang Barat sebanyak 67 KK, Tanjungpinang Kota 56 KK, dan Kecamatan Bukit Bestari sebanyak 89 KK,” katanya.

Hadir pada acara tersebut Wakil Wali Kota Tanjungpinang, H. Syahrul, Spd yang juga sebagai Ketua TIM pelaksana RTLH Kota Tanjungpinang menyampaikan, target RTLH untuk di Kota Tanjungpinang sekitar 300 orang penerima RTLH sudah tercapai.

“Target yang kita inginkan untuk tahun 2013 untuk penerima RTLH di kota Tanjungpinang sudah tercapai. Mudah – mudahan untuk tahun 2014 nanti, kemungkinan akan lebih dari 300 orang dan dari sekarang sudah berusaha mengumpulkan data – datanya berdasarkan dari laporan RT, Lurah, Kecamatan dan Dinsosnaker Kota Tanjungpinang,” kata Syahrul.

Pada acara tersebut juga, hadir Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), Camat, Lurah. (AFRIZAL)

Alpian Tanjung

Read Previous

Kenedi: Penangkapan Imigran Gelap Terjadi Setiap Libur

Read Next

Penyerahan BLSM Dinilai Tidak Tepat Sasaran