Dinkes Kepri Ajukan Bantuan Alkes Rp60 Miliar

Tanjungpinang,IsuKepri.com – Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kepri, Tjeptjep Yudiana mengatakan, akan mengajukan permohonan bantuan pengadaan alat – alat kesehatan (Alkes) ke Kementerian Kesehatan Pusat sebesar Rp60 miliar.

“Untuk tahun ini, kita ajukan bantuan alat kesehatan untuk menambah peralatan medis di rumah – rumah sakit yang ada di Provinsi Kepri, baik itu Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) maupun Rumah Sakit Umum Provinsi (RSUP). Nilainya sekitar  Rp60 miliar,” kata Tjeptjep di Gedung Daerah Provinsi Kepri, Senin (28/10).

Tjeptjep mengatakan, permohonan itu juga belum tahu apakah akan disetujui seluruhnya atau tidak. Yang pasti, setiap tahun pusat selalu mengucurkan APBN untuk pengadaan Alkes di Kepri. Tahun 2012, pusat membantu Rp10 miliar dan tahun 2013 ini pusat membantu Rp37 miliar.

“Tak semua permintaan kita yang diakomodir. Tapi, setiap tahun selalu ada bantuan dari pusat. Itulah contohnya, RSUP dua tahun berturut – turut menerima bantuan alat kesehatan tersebut,” ujarnya.

Ia menambahkan, pihaknya selalu mendahulukan permintaan bantuan APBN dari pada APBD. Terutama untuk Alkes yang nilainya besar, selalu diminta ke pusat.

“Kita tetap ajukan di APBD tapi untuk keperluan lain yang besar – besar itu kita utamakan ke pusat dulu. Dan hasilnya, kita selalu dapat bantuan pusat untuk alat – alat kesehatan,” katanya.

Dia mengakui untuk kebutuhan alat kesehatan RSUP masih banyak. Karena biaya pengadaan alat kesehatan itu besar, pemerintah memberinya perlahan – lahan. Tapi yang jelas, setiap tahun selalu ada penambahan peralatan.

Sementara untuk kebutuhan dokter umum sudah mencukupi di Kepri. Jumlah dokter umum dan spesialis saat ini se-Kepri mencapai lebih kurang 900 hingga 1.000 orang. Itu sudah termasuk dokter keluarga yang disebar di masing – masing 7 Kabupaten/ Kota di Kepri.

Selain itu, untuk jumlah rumah sakit di Kepri saat ini, kata dia, ada sekitar 22 unit. Sedangkan untuk Puskesmas 64 unit ditambah ratusan Posyandu. Dan Posyandu juga menambah layanan kesehatan tingkat RT – RW.

Tahun ini, kata dia, Dinas Kesehatan Pemprov Kepri mengusulkan anggaran lanjutan pembangunan RSUP Batu 8 sekitar Rp40 miliar untuk dibahas di RAPBD 2014. Anggaran itu untuk lanjutan pembangunan Lantai V – VIII rumah sakit tersebut.

“Rencananya, rumah sakit itu akan dibangun dengan tahun jamak yakni tahun 2014 – 2015,” kata Tjeptjep. (AFRIZAL)

Alpian Tanjung

Read Previous

Lis: Pemuda Harus Lebih Kreatif

Read Next

Ikan di Bintan Alami Kendala Pemasaran Dan Harga