Warga Keluhkan Parit Ditimbun Pemilik Lahan

Tanjungpinang, IsuKepri.com – Warga Jalan Pemuda, Gang Sagu RT 01 RW 10 Kelurahan Sei Jang, mengeluhkan parit ditimbun oleh pemilik lahan, sehingga parit tersebut tersumbat dan air pembuangan bertumpuk disana.

“Akibat ditimbun, air tidak bisa mengalir karena parit sudah rata dengan tanah, parit yang ditimbun memang berada tepat di tanah pemilik lahan itu. Seharusnya, pemilik tanah tidak menimbun parit yang sudah ada,” ujar warga Gang Sagu, Susan, Sabtu (14/9).

Atas penimbunan itu juga, kata dia, menyebabkan air hujan tergenang di ujung Gang Sagu itu. Sementara, pemilik tanah yang melakukan penimbuan tersebut, merupakan warga dilingkungan itu juga, dan tidak memperdulikan kepentingan warga lainnya.

Hal itu juga, kita sudah lapor kepada RT dan RW, namun tidak bisa berbuat banyak. Bahkan, sudah melapor kepada kelurahan, dan kelurahan berjanji akan meninjau dan turun kesini, namun sampai saat ini belum ada peninjauan sama sekali, ucapnya, kepada IsuKepri.com.

Selain itu, Ketua RT setempat, H. Wan Abu Bakar mengatakan, penimbunan parit itu sudah dilaporkan kepada pihak kelurahan Sei Jang, namun pihak kelurahan belum pernah meninjau tempat genangan air tersebut.

“kami tidak akan mau bergotong royong untuk menggali kembali parit yang sudah ditimbun, ini merupakan tanggungjawab dari pada pemilik tanah,” ujar Ketua RT 1 RW 10 ini.

Hal yang sama, juga diungkapkan oleh Mahasiswa Umrah, M. Rizal yang mengontrak rumah di gang Sagu tersebut. Rizal dan teman – temannya juga merasakan dampak dari penimbunan parit itu, mereka harus memutar melewati jalan belakang rumah kontrakannya dan tembus ke gang sebelah, yakni Gang Karet.

“Sungguh sangat mengganggu aktifitas dan rutinitas kami berlima, belum lagi kalau hujan datang. Genangan bertambah tinggi, bahkan akibat tergenang terlalu lama, air itu hingga berlumpur,” ucap Rizal.

Bahkan, semenjak adanya genangan air tersebut, sumur – sumur warga sekitar ikut tercemari, dan anak – anak dilingkungannya terserang kudisan dan gatal – gatal. (CR02)

Alpian Tanjung

Read Previous

DKP Gelar Safari \’Gemarikan\’ di SDN 013 Dompak

Read Next

Lis Lepas Peserta Gerak Jalan 45Km