Perpustakaan dan Arsip Daerah Gelar Bimtek Pengelolaan

Tanjungpinang, IsuKepri.com – Pemerintah Kota Tanjungpinang melalui Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah Kota Tanjungpinang menggelar Bimbingan Teknis pengelolaan Arsip Dinamis, di Ballroom Hotel Aston Tanjungpinag, Selasa (3/9), Acara yang dibuka oleh Wakil Wali Kota Tanjungpinang, H. Syahrul tersebut, guna pembinaan dan penataan kearsipan baik arsip dinamis maupun arsip statis disetiap Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD).

Hadir dalam acara tersebut Kepala Badan Kantor Perpustakaan dan Arsip Provinsi Kepulauan Riau, Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), para Camat, Lurah, LAM Kota Tanjungpinang, serta para peserta bimbingan teknis.

Wakil Wali Kota Tanjungpinang, H. Syahrul mengatakan, arsip merupakan rekaman peristiwa atau rekaman suatu kegiatan dalam penyelenggaraan pemerintah yang dapat dijadikan bukti otentik yang sah, oleh karena itu kearsipan harus dijaga dengan baik.

Pelaksanaan bimbingan teknis ini, sangat penting dalam upaya menata kearsipan pada SKPD dilingkungan Pemerintah Kota Tanjungpinang. Sekilas pandang, keberadaan arsip statis tidak mengandung nilai apa – apa, karena sudah habis masa retensinya, ujar Syahrul.

Namun, kata Syahrul, bahwa arsip statis tersebut apabila terawat dan tersimpan dengan rapi, maka nantinya arsip statis tersebut akan menjadi bagian dari mata rantai sejarah Pemerintah Kota Tanjungpinang.

Kepada seluruh peserta yang mengikuti bimbingan teknis ini, agar dapat mengikuti bimbingan teknis pengelolaan arsip dinamis secara serius dan seksama, manfaatkan ilmu dan pengetahuan dari para narasumber, sehingga ilmu yang diperoleh nantinya dapat diterapkan dalam penataan arsip di unit kerjanya masing – masing. Katanya.

Pada kesempatan itu juga, Kepala Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah Kota Tanjungpinang, Drs. Marzul Hendri mengatakan, bimbingan teknis ini bertujuan memberikan keterampilan teknis kearsipan, penataan dan pengelolaan arsip yang baik disetiap SKPD, serta terwujudnya SDM yang menguasai ilmu kearsipan.

Sedangkan, peserta yang mengikuti bimbingan teknis ini, berjumlah 120 orang, dan terdiri dari Sekretaris Badan/ Dinas, Sekretaris Camat/ Lurah, Instansi pemerintah, serta bidang pendidkan, dengan narasumber dari Kantor Arsip Nasional Republik Indoneisa, ucap Marzul.

Bimbingan teknis itu juga, akan dilaksanakan selama dua hari dan mulai pada Selasa  3 s/d 4 September 2013. (ALPIAN TANJUNG)

Alpian Tanjung

Read Previous

Dishub Sediakan Timbangan Tonase Truk Angkut Tanah

Read Next

Populasi Sapi Selama Mei 2013 di Kepri Meningkat