Perhelatan Tamadun Melayu Disambut Baik Menko Kesra

Jakarta, IsuKepri.com – Pelaksanaan perhelatan Tamadun Melayu I yang akan dilaksanakan Provinsi Kepulauan Riau, disambut baik oleh Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat (Menko Kesra), Agung Laksono. Hal itu terungkap dari pertemuan antara Menko Kesra dengan Gubenur Kepri, H Muhammad Sani di ruang kerja Agung di Kantor Kementerian Kesejahteraan Rakyat, Jakarta, Senin (2/9).

Gubernur, dalam pertemuan itu didampingi Kepala Dinas Pariwisata Guntur Sakti dan Kepala Dinas Kebudayaan Arifin Nasir. Sementara Menko Kesra didampingi Sesmenko Kesra Sugihartamo dan Dr. Haswan Yunaz Deputi Bidang Koordinasi Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olah Raga.

Menko Agung, selain menyambut baik perhelatan itu, juga ikut menanyakan negara – negara yang hadir dalam Tamadun Melayu. Agung juga akan menindaklanjuti pertemuan ini dan melaporkannya kepada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono sepulang dari lawatan ke luar negeri. Sementara, kepada Hazwan, Agung meminta dibuatkan laporan secara resmi untuk dibawa kepada Presiden.

Gubernur Sani dalam pertemuan tersebut, menjelaskan hal ihwal mengenai perhelatan Tamadun Melayu I. Perhelatan ini diselenggarakan serangkaian dengan peringatan hari jadi Provinsi Kepri ke – 11 yang akan digelar pada 27 – 29 September 2013.

Berbagai kegiatan akan dilakukan, seperti pementasan seni kebudayaan dari berbagai negara, pameran naskah dan manuskrip Melayu kuno Kerajaan Riau Lingga. Sampai saat ini sudah ada 16 provinsi dan tiga negara yang memastikan ikut hadir dalam perhelatan in, ucap Sani.

Sedangkan, kontingen luar negeri yang akan hadir nantinya, antara lain Perlis, Kedah, Johor, Malaka, Kelantan dan Pulau Pinang dari Malaysia. Selain itu ada juga Singapura dan Thailand.

Menurut Gubenur Sani, perhelatan ini untuk menyajikan, memalarkan dan memperkenalkan kebesaran sejarah dan tamadun alam Melayu yang tersebar diseluruh penjuru tanah air dan dunia.

“Juga untuk mempromosikan Provinsi Kepri sebagai pusat Tamadun Melayu dan daerah tujuan wisata dunia internasional,” kata Sani. (ALPIAN TANJUNG)

Alpian Tanjung

Read Previous

Wabup Bintan Ikuti Manasik Haji

Read Next

Mahasiswa Pencuri Sepeda Motor Dibekuk Polisi