Lima Imigran Afghanistan Ditangkap di Bandara RHF

Tanjungpinang, IsuKepri.com – Lima Warga Negara Asing (WNA) asal Afghanistan diamankan oleh Kepolisian Bandara Raja Haji Fisabililah (RHF), pada Minggu (22/9) sekitar pukul 11.00 WIB di Bandara RHF Km 12 Tanjungpinang.

Kelima imigran itu juga, diamankan lantaran tidak memiliki dokumen lengkap ketika memasuki negara lain (red, Indonesia). Imigran tersebut, berangkat dari Jakarta menuju Tanjungpinang dengan menggunakan maskapai penerbangan Lion Air. Akan hal itu, setelah Kepolisian Bandara RHF melakukan pemeriksaan terhadap kelima Imigran asal Afghanistan itu, kelimanya tidak memiliki dokumen, sehingga diserahkan kepada pihak Imigrasi Tanjungpinang.

Kepala Sub Bagian Pengawasan dan Penindakan Keimigrasian Kantor Imigrasi Tanjungpinang, Achmadin Kurniawan mengatakan, pengamanan kelima WNA asal Afghanistan tersebut, karena tidak memiliki dokumen yang lengkap ketika memasuki Indonesia.

“Mereka (red, WNA) hanya ada dokumen UNHCR Asylum Seeker Certificate untuk mencari suaka,” ucap Achmadin kepada IsuKepri.com.

Dalam hal itu, kata dia, keimigrasian belum mendapatkan tujuan WNA asal Afganistan tersebut. Pasalnya, pihaknya masih dalam tahap penangkapan, dan proses penyelidikannya belum ada.

“Untuk itu, kita belum tahu persis tujuan mereka kemana, sebab masih dalam tahap pendalaman. Sedangkan, mereka dari Jakarta, dan ditangkap oleh pihak Kepolisian Bandara, baru diserahkan ke Imigrasi ini,” katanya.

Selain itu, Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Tanjungpinang, Kenedi, S. IP, ketika dikomfirmasi IsuKepri.com, menyampaiklan hal yang sama tentang pengamanan kelima imigran WNA asal Afghanistan tersebut.

“Memang benar ada 5 orang WNA asal Afghanistan yang ditangkap di bandara, kalau untuk nama serta identitas lengkapnya belum kita ketahui, sebab masih dalam tahap penangkapan, dan masih proses penyidikan, Senin (23/9) kita dalami,” ujar Kenedi. (CR11)

Alpian Tanjung

Read Previous

Liga Premiere Inggris 2013/2014 Chelsea vs Fulham 2-0

Read Next

Lion Air Tiga Kali Bawa Imigran Gelap