Gubernur Serahkan Alat Tangkap Nelayan

ISUKepri.com – Dalam rangka meningkatkan pendapatan dan taraf hidup nelayan dan pelaku usaha perikanan didaerah, Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau melalui Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Kepulauan Riau melakukan berbagai program dan kegiatan baik yang bersumber dari dana APBD Provinsi Kepulauan Riau maupun APBN yang salah satunya diwujudkan dengan memberikan bantuan terhadap nelayan dan Pelaku Usaha Perikanan.

Gubernur Kepulauan Riau H.Muhammad Sani menyerahkan bantuan secara simbolis kepada masyarakat Nelayan / Pelaku Usaha Perikanan pada acara Temu Wicara HUT-I KUB MINA Batam Madani, Tanjung Riau, Batam pada hari Rabu (3/7/2013). Tercatat sampai saat ini masyarakat yang berusaha dibidang perikanan (perikanan tangkap, perikanan budidaya dan pengolahan) sebanyak 105.899 RTP yang menggantungkan kehidupannya di perikanan.Bantuan yang diberikan diantaranya berupa Alat Tangkap Perikanan (Kawat Bubuh, Bento, Jaring Apollo, Jaring Karang, Mesin Ketinting, Mesin Tempel 15 PK) dan Budidaya Perikanan (Benih Bawal Bintang, KJA HDPE, Bantuan Kebun Bibit Rumput Laut serta Ikan Bawal Bintang untuk Restocking). Untuk mendukung sektor Kelautan dan Perikanan Pemerintahtelah melakukan berbagai program baik pembangunan yang bersifat fisik, non fisik terutama pembangunan sumberdaya manuasianya ujar Gubernur dalam sambutannya.

Acara tersebut dihadiri oleh Gubernur Kepulauan Riau, Drs. H. Muhammad Sani, Staf Ahli Mentri Kelautan dan Perikanan Bidang Sosial Ekonomi dan Budaya Ir. Heriyanto Marwoto M.Sc, anggota DPR RI, Walikota Batam, Drs. H. Ahmad Dahlan MH, Wakil Walikota Batam Rudi SE, Direktur Pengembangan Usaha Penangkapan Ikan (PUPI) Ditjen Perikanan Tangkap, Direktur Pelabuhan Perikanan, Ditjen Perikanan Tangkap KKP-RI, Perwakilan BI Kota Batam, Perwakilan BRI Pusat Jakarta dan Nelayan / Pelaku Usaha Perikanan se-Kota Batam .

Menurut Gubernur untuk mewujudkan percepatan pembangunan disektor kelautan dan perikanan, pemerintah merencanakan aksi yaitu pertama mendorong pengembangan perikanan tangkap melalui bantuan kapal perikanan, alat tangkap perikanan dan modal usaha / PUMP. Kedua mendorong pengembangan perikanan budidaya, melalui bantuan sarana budidaya perikanan laut,tawar, payau dan modal usaha / PUMP. Ketiga Mendorong pengembangan usaha pengolahan dan pemasaran hasil perikanan secara terpadu seperti bantuan alat pengolahan dan modal usaha / PUMP. Keempat Mendorong percepatan implementasi kawasan minapolitan. Kelima mempermudah akses transportasi dan rentang kendali usaha perikanan. Keenam Meningkatkan kualitas sumberdaya perikanan.

Sesuai dengan tema Menuju Masyarakat Nelayan Yang Mandiri, Berdaya dan Bermartabat, maka pertemuan ini diharapkan dapat meningkatkan produktifitas usaha perikanan secara kuantitas maupun kualitas yang berkelanjutan.

suprapto

Read Previous

Hasil Liga Premiere Inggris, Selasa 17 Sept 2013

Read Next

Gubernur Kepri Serahkan Alat Tangkap Pada Nelayan