Bupati Bintan Dukung PT BMW Bendung Laut Sebauk-Pengujan

Bintan, IsuKepri.com – Bupati Bintan Ansar Ahmad mendukung rencana PT Buana Megawisatama (BMW) yang akan membendung laut untuk dijadikan dam sebagai sumber air minum, namun bukan dari Sebauk ke Busung, melainkan dari Sebauk hingga pulau Pengujan.
“Menurut saya itu prospek baik. Yang penting kita bisa menangani persoalan sosial ekonominya secara baik, terutama masyarakat yang ada di kawasan-kawasan Daerah Aliran Sungai (DAS) ini. Hendaknya mereka tetap dipertahankan, sebagai masyarakat di kampung tua, tanpa harus berpindah profesi dari nelayan. Ataupun dipindahkan ke tempat lain.

Saya yakin dam ini kita butuhkan, hanya mungkin kedepan akan kita rubah skala luasannya sesuai kebutuhannya.  Mungkin kawasan-kawasan DAS saja yang kita protek. Rencananya diatas dam itu akan dibangun jalan penghubung, memperpendek lagi jarak tempuh antara Tanjungpinang-Tanjunguban dan Lagoi,” kata Ansar, di kampung Gisi, Telukbintan, Kamis (19/9).

20 tahun lagi lanjut Ansar, Bintan, Batam, Tanjungpinang akan kekurangan air. Kebutuhan air nantinya berkisar 2000-3000 liter per detik, sementara kemampuan PDAM saat ini hanya 500 liter per detik untuk seluruh Bintan.

Menurut Undang-undang Nomor 7 tahun 2007 mengatur pelarangan ekspor air. Tetapi dibuka celah lagi bahwa ekspor air diperbolehkan setelah kebutuhan dalam negeri terpenuhi. Saya kira itu persoalan yang tidak sulit. Apalagi mereka kedepan akan mengembangkan air kemasan berbentuk box.

“Karena dulu rencananya mereka akan ekspor air ke Singapura,” terangnya.

Bappeda akan membentuk tim kecil bersama dengan PT BMW, guna menyusun jadwal berkaitan pembicaraan tentang perijinan apa saja yang diperlukan.

“Kajian teknisnya seperti apa, studi teknisnya seperti apa, studi sosial ekonominya seperti apa, ini masih panjang prosesnya. Kalaupun itu di dam harus menunggu waktu yang cukup lama, mungkin secara teknis itu bisa 7-10 tahun air itu baru menjadi tawar. Karena akan terjadi proses pembusukan karena genangan, perubahan  air asin menjadi air tawar. Karena proses ini akan dilakukan secara alami,” tambahnya. (HK)

suprapto

Read Previous

Bendera Partai Tak Terurus di Bintan

Read Next

Ilmu Psikologi dan Pendidikan Penting Bagi Mahasiswa