APBD-P Bintan 2013 Disetujui Rp1,023 T

Bintan, IsuKepri.com – Ketua DPRD Bintan Lamen Sarihi memimpin rapat paripurna Penandatanganan Nota Kesepakatan Persetujuan Bersama Ranperda APBD Perubahan (APBD-P) 2013, yang ditandatangani pimpinan DPRD Bintan dan Bupati Bintan Ansar Ahmad, di Gedung DPRD Bintan, Selasa (24/9).
Dari paripurna tersebut, disetujui pendapatan sebesar Rp810 miliar lebih. Belanja daerah pada perubahan APBD 2013 disetujui sebesar Rp1,023 triliun terdiri dari, belanja tidak langsung sebesar Rp441 miliar lebih sedangkan belanja langsung Rp582 miliar lebih. Defisit Rp212 miliar lebih.

Pada sisi pembiayaan, mengalami perubahan terutama dari sisi penerimaan pembiayaan. Yang mana penerimaan diproyeksikan sisa lebih perhitungan anggaran (silpa) sebesar Rp219,11 miliar lebih.

Seluruh fraksi menerima dan menyetujui besarnya APBD-P 2013 ini.

Diberitakan sebelumnya Bupati Bintan Ansar Ahmad menjelaskan, RAPBD-P 2013 ini salah satu yang menjadi prioritas adalah peningkatan anggaran untuk jaminan kesehatan, pendidikan, penanggulangan kemiskinan, juga infrastruktur.

Serapan anggaran terbesar dari APBD tersebut masih didominasi oleh Dinas Pekerjaan Umum (PU), Dinas Pendidikan, Dinas Kesehatan, Dinas Perhubungan dan didikuti oleh SKPD lainnya.

“Serapan terbesar masih seperti APBD sebelumnya, yaitu PU, Dinas Pendidikan, Dinas Kesehatan, Dinas Perhubungan dan diikuti SKPD lainnya,” ujarnya.

Serapan anggaran tersebut berpatokan pada infrastruktur dasar dan pelayanan dasar yang sebagian besarnya dipegang oleh SKPD-SKPD tersebut.

Anggota Banggar Muttaqin Yatsier meminta Pemerintah mencari sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD) baru, supaya pengajuan belanja yang terus meningkat setiap tahunnya seimbang dengan bertambahnya PAD.

“Permintaan belanja daerah terus meningkat setiap tahun, mestinya diikuti oleh bertambahnya sumber PAD yang baru. Supaya tidak timpang,” kata Muttaqien. (HK)

suprapto

Read Previous

Umrah Akan Segera Proses Dosen RM

Read Next

Proyek SMAN Kepulauan Riau Tahun Ini Harus Tuntas