206 JCH Tanjungpinang Lakukan Bimbingan Manasik

Tanjungpinang, IsuKepri.com – Sebanyak 206 Jamaah Calon Haji Kota Tanjugpinang melakukan bimbingan manasik haji 1434 Hijriah/ 2013 M, dari Pemerintah Kota Tanjungpinang melalui Bagian Administrasi Kesejahteraan Rakyat di Gedung Asrama Haji Tanjungpinang, Selasa (3/9). Acara itu juga, dibuka oleh Wakil Wali Kota Tanjungpinang, H. Syahrul, S.pd.

Dalam bimbingan manasik itu, turut hadir Kepala Kantor Wilayah Kementrian Agama Provinsi Kepulauan Riau, Ketua Majelis Ulama Kota Tanjungpinang, Asisten, Staf Ahli, Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), serta para JCH.

Bimbingan Manasik Haji yang dilaksanakan Pemerintah Kota Tanjungpinang, sebagai tanda kepedulian dan tanggungjawab yang harus dilaksanakan dan sebagai tambahan bekal ilmu manasik haji demi kesempurnaan ibadah haji ditanah suci bagi seluruh JCH Kota Tanjungpinang, ucap Wakil Wali Kota Tanjungpinang, Syahrul.

Syahrul mengutarakan, bimbingan manasik haji ini setiap tahunnya dilaksanakan, tidak lain guna memberikan pembekalan bagi para calon haji, agar pelaksanaan haji di tanah suci nantinya tidak mengalami kendala dan dapat melaksanakan segala rukun dan wajib serta sunat haji dengan mudah.

Dengan  bimbingan manasik ini, diharapkan  nantinya para jamaah calon haji dapat menjalankan ibadah haji di tanah suci dengan baik dan seksama, kepada seluruh jamaah haji Kota Tanjungpinang, agar senantiasa disiplin mengatur waktu, menjaga kesehatan menjaga kekompakan dan kebersamaan, serta selalu bersikap sopan santun dan menjaga nama baik serta kehormatan Kota Tanjungpinang, ujar Syahrul.

Dalam hal ini, kata Syahrul, Pemerintah Kota Tanjungpinang berupaya memberikan dukungan dan bantuan untuk keperluan jamaah haji, dengan membebaskan seluruh biaya lokal yang harus dibayar oleh Jamaah Calon Haji Kota Tanjungpinang seperti biaya domestic, transportasi, konsumsi, pakaian seragam nasional dan lain – lain.

Semoga bantuan yang diberikan ini, dapat bermanfaat bagi jamaah calon haji, katanya.

Dalam laporannya, H. Tengku Dahlan, MT selaku Ketua panitia pelaksana mengatakan, bimbingan manasik haji dilakukan agar para jamaah calon haji dapat mempersiapkan diri dalam melaksanakan haji di tanah suci nanti, disamping itu, para jamaah calon haji akan dibekali ilmu tentang pelaksanaan kegiatan manasik haji.

Serta pengetahuan bagaimana tata cara pelaksanaan ibadah haji dengan menggambarkan kondisi yang rill dilapangan, sehingga dalam pelaksanaannya di tanah suci nanti, para jamaah calon haji tidak mengalami kendala, ujarnya.

Sementara, peserta Manasik Haji Kota Tanjungpinang yang akan berangkat ketanah Suci Tahun 1434 H/ 2013 M berjumlah 206 orang, dengan jamaah tertua berumur 87 Tahun, dan termuda berusia 30 Tahun. Manasik Haji ini akan dilaksanakan mulai tanggal 3 september sampai dengan 05 September 2013.

Untuk Pelepasan Jamaah Calon Haji akan dilaksanakan pada malam tanggal 12 September 2013 mendatang. Keberangkatan para Jamaah Calon Haji Kota Tanjungpinang pada kloter 7, yakni 16 september 2013, dan akan tiba di Tanjungpinang pada 27 Oktober 2013 mendatang. (ALPIAN TANJUNG)

Alpian Tanjung

Read Previous

Populasi Sapi Selama Mei 2013 di Kepri Meningkat

Read Next

KPU Himbau Jangan Pilih “Kucing Dalam Karung”