Syahrul: TPA Hasilkan Generasi Muda Berkualitas

Tanjungpinang, IsuKepri.com – Wakil Wali Kota Tanjungpinang, H. Syahrul, S.pd menyampaikan, Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA) merupakan salah satu sarana yang memiliki fungsi sangat penting dan menentukan generasi muda yang berkualitas.

Tentunya, dalam proses pendidikan baca tulis Al-Qur’an. Disamping itu juga, taman pendidikan Al-Qur’an merupakan media pendidikan, pembinaan akhlak serta budi pekerti terhadap anak didik, ucap Wakil Wali Kota Tanjungpinang, Syahrul, ketika membuka Pelatihan Metode Iqra di Hotel Bintan Plaza, Tanjungpinang, Rabu (28/8).

Dalam sambutannya, Syahrul mengatakan, tanggung jawab guru TPA tidaklah semata – mata hanya sekedar mengajar baca tulis Al-Qur’an saja, akan tetapi, lebih dari itu.

Saya harap, dari lembaga inilah kita menghasilkan generasi – generasi muda yang berkualitas, dengan berbekal pendidikan agama yang cukup serta mengerti baca tulis Al-Qur’an, karenanya Tanjungpinang kota melayu memiliki banyak potensi yang memungkinkan untuk dijadikan wadah pembinaan akhlak, ujarnya.

Salah satunya, kata Syahrul, taman pendidikan Al-qur’an yang sampai saat ini berjumlah 234 TPA/ TPQ yang tersebar di seluruh Kecamatan di Kota Tanjungpinang.

Agar seluruh potensi ini berjalan dengan baik, diperlukan koordinasi mulai dari pemerintah, lembaga pendidikan agama, organisasi sosial keagamaan dan unsur – unsur lain, terkait untuk menyatukan langkah dan arah kebijakan pembangunan kehidupan beragama kedepan, katanya.

Sejauh ini, Syahrul merasa bangga kepada para guru TPA/ TPQ se-Kota Tanjungpinang yang telah memberikan sumbangsihnya baik tenaga, pikiran dan waktu, bahkan mungkin biaya demi terciptanya generasi muda yang berakhlak mulia dan memahami baca tulis Al-Qur’an.

Sementara, Kepala Bagian Kesra, Jofrizal S.Sos.MM selaku Ketua Pelaksana menyampaikan, adapun tujuan dari kegiatan tersebut untuk memberikan tambahan pengetahuan dan wawasan kepada para peserta dalam bentuk pelatihan melalui pembekalan, konsultasi, musyawarah, dialog dan diskusi untuk dijadikan pedoman bagi para guru TPA yang akan memberikan pendidikan baca tulis Al-Qur’an.

Hal ini, dalam rangka mempersamakan sistem pengajaran baca Al-Qur’an melalui metode Iqra. Kegiatan ini juga, berlangsung dari 28 – 30 Agustus 2013, bertempat di Hotel Bintan Plaza, dengan jumlah peserta 100 orang yang diikuti oleh para guru TPA/TPQ se-Kota Tanjungpinang, katanya.

Selain itu, menghadirkan narasumber tiga orang dari Tim Peningkatan Mutu Taman Pendidikan Al-Qur’an Indonesia Yogyakarta, dalam kesempatan tersebut, Syahrul juga akan mengisi acara sebagai narasumber untuk beberapa sesi. (ALPIAN TANJUNG)

Alpian Tanjung

Read Previous

Kadin Tanjungpinang Minta Pengusaha Perbanyak Ekspor

Read Next

KPU Tanjungpinang Verifikasi Sebanyak 147.871 DPS