Syahrul Tinjau Hasil Rehab Rumah Warga Miskin

Tanjungpinang, IsuKepri.com – Wakil Wali Kota Tanjungpinang, H. Syahrul, S.Pd, yang juga Ketua Tim Koordinasi Penangulangan Kemiskinan (TKPK) Kota Tanjungpinang, melakukan peninjauan langsung terkait hasil pekerjaan rehab rumah warga miskin di Kampung Melayu  Gang. Simpati, Kelurahan Melayu Kota Piring, Kecamatan Tanjungpinang Timur, Senin (19/8).

Dalam peninjauan tersebut, Syahrul berbincang dengan warga penerima bedah rumah yang merasa senang atas kunjungan Wakil Wali Kota Tanjungpinang bersama Tim Bappeda dan Tim Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri Perkotaan Provinsi Kepri.

Selain itu, dari 74 Kepala Keluarga (KK) yang tinggal dipesisir Kampung Melayu tersebut, sebanyak 34 unit rumah tidak layak huni, milik warga yang akan direhab. Rumah yang akan di rehab tersebut terdiri dari tiga kategori, yakni rehab total sebanyak tiga unit, rehab sedang sebanyak lima unit dan rehab ringan sebanyak 26 unit.

Pada kesempatan itu, Syahrul menyampaikan ucapan terimakasih kepada Tim pelaksana pembangunan bedah kampong dan PNPM Perkotaan, sehingga pekerjaan pembangunan dapat berjalan dengan lancar sesuai dengan dana yang tersedia.

Saya berharap, bangunan tersebut dapat digunakan secara maksimal oleh Warga, dan peliharalah rumah kita, pekarangan kita, kampung halaman kita, tetap bersih, dan sehat, ucap Syarul.

Selain itu, Kasubid Kesra Bappeda Kota Tanjungpinang, Agung Suryahatta. S. Sos mengatakan, program penataan lingkungan permukiman berbasis komunitas (PLPBK) ini, merupakan program penghargaan dari kementrian Pekerjaan Umum (PU) atas keberhasilan Pemerintah Kota Tanjungpinang melalui BKM Madani Melayu Kota Piring.

Bantuan ini, merupakan dana hibah dari Pemerintah Pusat untuk pembangunan  Program Bedah Kampung di daerah pesisir  kususnya Kampung Melayu, kata Agung.

Sementara, team leader PNPM Mandiri Perkotaan Provinsi Kepulauan Riau, M. Irfan menyampaikan, pembangunan merupakan perencanaan dari masyarakat masing – masing rumah dihitung dari detail kerusakkan dan tidak ada pemerataan.

Perbaikan tiap satu rumah didamping fasilitator PNPM Mandiri Perkotaan Tanjungpinang. ucap Irfan.

Untuk itu, Pemerintah Kota Tanjungpinang akan memberikan dukungan dalam bentuk program pendamping berupa Instalasi Pengelolaan Air Limbah (IPAL) Komunal dan hidran (pemadam kebakaran).

Program penghargaan yang diterima Kota Tanjungpinang ini, merupakan pilot project PNPM Mandiri Perkotaan tahun 2012 – 2013, dari 4 Kabupaten/ Kota yang diseleksi oleh Pemerintah Pusat, Kota Tanjungpinang terpilih yaitu daerah pesisir Melayu Kota Piring untuk program tersebut.

Selain itu, salah seorang warga yang direhab rumahnya, Ibrahim menyatakan, ucapan terimakasih yang setinggi – tingginya kepada Pemerintah Kota Tanjungpinang serta pihak yang terkait.

Atas adanya program ini, saya dan keluarga dapat tinggal dengan nyaman, tanpa kebocoran pada saat musim hujan, ucapnya. (ALPIAN TANJUNG)

Alpian Tanjung

Read Previous

Monumen Bahasa Melayu Tahap I Capai Rp4 Miliar

Read Next

Syahrul Lepas 294 Mahasiswa UMRAH Laksanakan KKN