SPK Tanjungpinang Minta Pemerintah Tertibkan Kos Ilegal

Tanjungpinang, IsuKepri.com – Pengurus Suara Pemuda Kota (SPK) Tanjungpinang, meminta pemerintah untuk menertibkan tempat yang dijadikan usaha kos – kosan secara illegal di sejumlah lokasi di Tanjungpinang, Provinsi Kepulauan Riau.

Kami, selaku pemuda Tanjungpinang dan generasi penerus bangsa, meminta pemerintah dan instansi terkait untuk menertibkan tempat kos yang diduga tidak memiliki izin, tutur Wakil Ketua SPK Tanjungpinang, Sabar, Sabtu (17/8) kepada IsuKepri.com.

Hal ini juga, kata dia, guna mencegah terjadinya perbuatan mesum atau Kumpul Kebo dikamar kos tersebut. Pasalnya, pemilik usaha kos – kosan yang diduga tidak memiliki izin itu, kurang paham akan peraturan.

Biasanya, pemilik kos – kosan kurang mengontrol orang yang telah menyewa kamar kosnya. Setelah menerima uang sewa, mereka diam, jika telat baru mereka datangin si penyewa, katanya.

Masih kata Sabar, jika hal tersebut dibiarkan berlarut, tentunya usaha kos – kosan akan menjamur di Tanjungpinang, dan tidak menutup kemungkinan juga kumpul kebo akan menjamur.

Selama ini, pemerintah sering melakukan razia kos – kosan, akan tetapi, dalam razia tersebut, yang dibina hanya penyewa dan pasangan yang didapati belum menikah, ujarnya.

Namun, pemilik usahanya tidak mendapatkan sanksi dari pihak terkait. Tambah lagi, kata dia, usaha kos – kosan di Tanjungpinang, sudah menjamur ke pelosok – pelosok pemukiman warga dan sulit terpantau oleh pihak yang berwenang.

Bahkan, ketua RT setempat, tidak peduli akan hal usaha kos – kosan yang berada dilingkungannya. Diduga, ketua RT tersebut bekerja sama dengan pemilik kos, katanya.

Sabar, meminta pemerintah agar rutin melakukan razia dan penertiban tempat usaha kos – kosan yang tidak mengantongi izin diseluruh Tanjungpinang.

Bila perlu, saat pemilik usaha ingin mengajukan izin usaha kos – kosannya, pihak perizinan menyampaikan ketentuan – ketentuan sanksi jika izin usahanya disalahgunakan dan disewakan kepada pasangan yang belum menikah, ujarnya. (ALPIAN TANJUNG)

Alpian Tanjung

Read Previous

Lis Pimpin Upacara Hari Kemerdekaan RI ke 68

Read Next

Syahrul Pimpin Upacara Penurunan Bendera Merah Putih