Kadin Tanjungpinang Minta Pengusaha Perbanyak Ekspor

Tanjungpinang, IsuKepri.com – Ketua Bidang UKM Permodalan dan Perbankan Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kota Tanjungpinang, Yeffi Zalmana SH, mengakui dalam beberapa hari terakhir nilai tukar uang rupiah melemah. Namun, pengusaha yang ada di Kota Tanjungpinang, diminta untuk memperbanyak atau menyerukan agar ekspor lebih ditingktakan. Supaya mengimbangi permintaan dolar Amerika Serikat (AS) yang sedang menguat.

“Seperti meningkatkan ekspor terhadap usaha busana, meubel, bauksit, dan usaha yang ada di Kota Tanjungpinang ini. Selain itu, bagi pengusaha, diharapkan tidak meyimpan uang Dollar, kalau bisa ditukarkan dan diputar kembali untuk usaha, agar membantu nilai  rupiah bisa stabil, kata Yeffi Zalmana SH, Kamis (29/8).

Yeffi mengatakan, salah satu cara jangka pendek untuk menahan imbas penurunan nilai tukar disektor riil adalah memperbanyak volume ekspor. Jika itu dilakukan, maka kebutuhan likuiditas dalam negeri dapat dipenuhi.

Yang penting, hasil ekspor itu dibawa kembali ke Provinsi Kepri atau ke Indonesia, ujar Ketua Bidang UKM Permodalan dan Perbankan Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kota Tanjungpinang ini.

Saat ini, sebagian pengusaha khususnya eksportir, memang senang lantaran usahanya dibayar dengan Dollar. Namun, Yeffi menilai kondisi usaha akan lebih ideal jika rupiah masih di bawah Rp10.000.

“Idealnya rupaih kita dibawah Rp10.000, karena saat ini Dollar AS masih diatas Rp10.000. Tapi yang jelas, bagiamana caranya agar bisa menciptakan dan mendatangkan investor ke Kepri,” kata Yeffi. (AFRIZAL)

Alpian Tanjung

Read Previous

Butuh Rumah Idaman, Hubungi Properti Teratai Group

Read Next

Syahrul: TPA Hasilkan Generasi Muda Berkualitas