Gubernur Kepri Akan Terima Bintang Mahaputera Utama

Jakarta, IsuKepri.com – Gubernur Kepulauan Riau, H. Muhammad Sani, pada Selasa (13/8), akan menerima Bintang Mahaputera Utama. Penganugerahan Tanda Kehormatan Republik Indonesia ini, diserahkan langsung Presiden Susilo Bambang Yudhoyono di Istana Negara.

Kasubag Acara dan Protokol Biro Humas Protokol Provinsi Kepri, Zulkifli, yang mengikuti rapat persiapan di Sekretariat Militer Istana Presiden menyebutkan, selain Gubernur Kepri, dua Gubernur dari Provinsi lain, juga akan mendapatkan Bintang Mahaputera Utama, yaitu Jambi Hasan Basri Agus dan Sulawesi Tenggara Nur Alam. Rapat persiapan itu, diikuti juga 27 calon penerima tanda kehormatan lainnya.

Selain Bintang Mahaputera Utama, Tanda Kehormatan RI yang juga dianugerahkan Presiden adalah Bintang Mahaputera Adipradana, Bintang Mahaputera Nararya, Bintang Jasa Utama, Bintang Budaya Parama Dharma dan Bintang Jasa Nararya, katanya, Senin (12/8).

Masih kata Zulkifli, pertemuan itu dipimpin langsung Karo Tanda Jasa dan Tanda Kehormatan Brigjen TNI Bambang Sutaryo. Saat itu, Bambang menjelaskan sesuai Undang – undang no 20 Tahun 2009, syarat khusus untuk Bintang Mahaputera terdiri atas, pertama, berjasa luar biasa di berbagai bidang yang bermanfaat bagi kemajuan, kesejahteraan, dan kemakmuran bangsa dan negara.

Kedua, pengabdian dan pengorbanannya di bidang sosial, politik, ekonomi, hukum, budaya, ilmu pengetahuan, teknologi, dan beberapa bidang lain yang besar manfaatnya bagi bangsa dan Negara. Ketiga, darmabakti dan jasanya diakui secara luas di tingkat nasional dan internasional, ujar Zulkifli.

Zulkifli, yang saat rapat didampingi Kasubag Penerbitan dan Percetakan Biro Humpro Rizal Saputra, menambahkan, saat penerimaan, Gubernur Sani akan didampingi Ny Aisyah Muhammad Sani dan tiga anaknya, Herry Ardianto, Henny Andriani dan Rini Fitrianti.

Setelah rapat persiapan, dilakukan peninjauan ke Istana Negara untuk gladi kotor. Rencananya nanti, penganugerahan akan dilakukan Presiden dengan pengalungan pita selempang dan penyematan bintang tanda kehormatan.

Usai penyematan kepada 28 penerima Tanda Kehormatan RI, Presiden dan Ibu Negara Ani Yudhoyono serta Wapres Prof Boediono dan Ibu Herawati Boediono akan memberi ucapan selamat.(ALPIAN TANJUNG/ HUMAS)

Alpian Tanjung

Read Previous

Motor Balap Liar Dikembalikan Usai Operasi Ketupat

Read Next

Oknum TNI Jatuh Disenggol Mobil