Wakil Rakyat Harus Berpendidikan Tinggi

Bintan, IsuKepri.com – Seorang yang mencalonkan diri sebagai wakil rakyat di legeslatif mesti memiliki pendidikan yang tinggi dan berpengalaman dalam berorganisasi. Hal ini diungkapkan oleh Iwan Kurniawan SH, yang juga salah seorang praktisi hukum dan yang ikut mencalonkan diri sebagai anggota DPRD Kabupaten Bintan dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) daerah pemilihan tiga, Kabupaten Bintan.

Iwan memaparkan, tugas anggota dewan itu harus cerdik membuat peraturan daerah (Perda). Produk sebuah Perda itu harus disusun sedemikian rupa sehingga menghasilkan suatu aturan yang bagus.

“Pendidikan sangat mempengaruhi anggota Dewan dalam menyusun rancangan Perda, karena harus memiliki ilmu yang sesuai dengan bidangnya tersebut,” ujar Iwan, Selasa (9/7).

Sekretaris Paradi Kota Tanjungpinang-Kepri ini mengutarakan, tidak hanya pendidikan tinggi yang mesti dimiliki anggota dewan tersebut, bahkan pengalaman dalam berorganisasi juga sangat perlu dimiliki oleh wakil rakyat tersebut.

“Anggota dewan yang terbiasa berorganisasi akan selalu merakyat, karena sudah terbiasa menyatu dengan rakyat,” imbuhnya.

Iwan mencontohkan, seperti saat ini sangat sulit sekali jika ingin bertemu dengan mereka, tidak seperti saat mereka mencari suara kemasyarakat.

“Karena tak terbiasa ngumpul dengan masyarakat, untuk itu mayarakat jangan terkecoh lagi dengan tipe wakil rakyat seperi ini,” ujarnya.

Satu hal lagi yang juga sangat penting dimiliki oleh calon wakil – wakil rakyat, kata Iwan, yakni memiliki sumber dana yang mapan, agar saat menyandang anggota dewan tidak lagi memikirkan bagaimana mengembalikan dana yang terpakai saat caleg.

“Kalau dana sudah kuat akan siap lahir batin,” katanya.

Selanjutnya, kata dia, moral dan akhlak juga harus baik, sehingga bisa memperjuangkan aspirasi masyarakat.Untuk itu, Iwan mengajak masyarakat agar mengintropeksi diri dalam memilih wakilnya nanti.

“Apa yang dapat jika kita pilih dia, dan apa yang tidak dapat jika tidak pilih dia,” ujarnya.(RAMDAN)

Alpian Tanjung

Read Previous

Pelaku Rampok di Rawasari Berhasil Ditangkap

Read Next

3 Kali Puasa, Masjid Nurul Iman Belum Rampung