RSUD Gelar Gathering Bersama Penderita Hemofilia

Batam, IsuKepri.com – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Provinsi Kepri dan Batam menggelar open gathering bersama penderita Hemofilia se-Kepri, Sabtu (6/7). Kegiatan yang berlangsung di Bandung Resto, Batam Center tersebut, diikuti sekitar 50 peserta.

Dewi, pengurus GMNI Kota Batam yang di percayakan sebagai pendamping kegiatan gathering penderita Hemofilia tersebut menyampaikan, bahwa kegiatan yang diselenggarakan itu merupakan bentuk kepedulian bersama penderita.

“Penyakit ini adalah penyakit kelainan gent, yang biasanya berasal dari orang tua. Hemofilia adalah kelainan yang mengakibatkan tidak dapat membeku dengan sendirinya, ” ujar Dewi disela – sela diskusi tersebut.

Dewi juga menjelaskan, bahwa penderita Hemofilia disebabkan karena kekurangan faktor 8 dan 9. cara untuk menangani penyakit tersebut dengan menyuntikkan vaksin.

“Vaksin faktor 8 untuk hemofilia golongan A, dan  faktor 9 untuk golongan B, ” ucapnya.

Sementara, jumlah penderita Hemofilia di Kepri masih terbilang sedikit, namun perlu mendapatkan perhatian dari pemerintah.

“Harga untuk sekali suntik terbilang mahal, yakni berkisar antara Rp3 juta hingga Rp5 juta. Namun saat ini, pemerintah sudah mengakomodirnya untuk penderita Hemofilia, ” ujarnya. (SIK)

Alpian Tanjung

Read Previous

Aston Tawarkan Paket Buka Puasa

Read Next

Sampan Angkutan Kampung Bugis Masih Tarif Lama