Pemekaran Kecamatan Bintim Harus Penuh Kajian

Bintan, IsuKepri.com – Pemekaran Kecamatan Bintan Timur (Bintim) untuk dijadikan Kabupaten, meski melalui kajian – kajian yang mendalam, hal itu guna mamastikan layak atau tidaknya pemekaran Kecamatan Bintim tersebut dilakukan.

Menurut seorang pengamat Politik, Suyito, pemekaran itu juga tidak mengiring kepada masyarakat untuk meminta pendapat setuju atau tidaknya dilakukan pemekaran disuatu wilayah.

“Pansus Dewan yang dibentuk tersebut, jangan langsung merekomendasikan pemekaran ke Ketua Dewan jika belum dilakukannya kajian ilmiah tentang pemekaran tersebut,” ujarnya.

Bahkan, tambah Dosen Stisipol ini, semua input yang berkaitan dengan pemekaran Kecamatan BintanTimur harus disatukan,baik itu dari tokoh masyarakatnya, tokoh pemuda, para ahli yang melakukan riset agar bisa mencapai satu kesepakatan.

“Jika sudah ada input dari semua itu, silahkan saja proses pemekaran itu dijalankan,” kata Dosen yan baru menyelesaikan pendidikan S2 nya di Universitas Andalas Padang ini.

Suyito juga menyarankan, pro dan kontra masyarakat tentang pemekaran juga harus ditampung agar proses pemekaran itu benar – benar berjalan sesuai yang diharapkan oleh semua masyarakat.

“Karena itu, harus melalui kajian dan jangan ada muatan – muatan yang lainnya dibelakang itu,” imbuhnya. (RAMDAN)

Alpian Tanjung

Read Previous

Jelang Ramadhan, Polres Gelar Operasi Patuh Seligi

Read Next

Rekontruksi Pembacokan Satu Keluarga Terdapat 15 Adegan