Nelayan Perorangan di Bintan Ditargetkan Peserta Jamsostek

Bintan, IsuKepri.com – Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Bintan, menargetkan nelayan perorangan di Bintan menjadi peserta Jaminan Sosial Tenaga Kerja (Jamsostek).

Saat ini, kata Kadis DKP Kabupaten Bintan, Wan Rudy Iskandar mengatakan, pihaknya sedang menyebarkan formulir pendataan nelayan perorangan melalui Unit Pelaksana Teknis (UPT) Dinas Perikanan yang ada disetiap kecamatan.

“Lebih mudah mendaftarkan nelayan perorangan ke Jamsostek ketimbang nelayan – nelayan yang bekerja pada tekong kapal ikan,” ujar Wan Rudy, Selasa (23/7).

Menurut Wan Rudy, pihaknya mendapatkan kendala dalam melakukan pendataan nelayan – nelayan yang bekerja pada tekong kapal ikan untuk didaftarkan menjadi peserta Jamsostek. Tekong – tekong kapal ikan tersebut beralasan kalau anak buah yang bekerja padanya bukan nelayan tetap.

“20 hari nanti, nelayan itu pindah lagi pada tekong kapal ikan lainnya, jadi mereka tidak menetap kerjanya. Kalau tekong kapal ikan itu yang kerja sama toke ikan dan mereka yang didaftarkan ke Jamsostek oleh toke – tokenya,” ujarnya.

Wan Rudy menambahkan, pihaknya sudah melakukan sosialisasi Jamsostek kepada nelayan – nelayan yang berada di Kecamatan Bintan Timur, Mantang, Bintan Pesisir, Telok Sebong, dan Teluk Bintan serta Gunung Kijang.

Namun demikian, Wan Rudy akui masih banyak nelayan Bintan yang belum terdaftar ke Jamsostek, dan ini akan terus diupayakan. (RAMDAN)

Alpian Tanjung

Read Previous

Deli Furniture Sediakan Berbagai Jenis Perabotan Jepara

Read Next

Kepala Sekolah Bungkam Tentang Sistem Rayon