Laut Cina Selatan Terindikasi Tornado

Tanjungpinang. IsuKepri.com – Terkait kondisi cuaca buruk yang terjadi secara dadakan di udara Kepri beberapa hari lalu, hal itu merupakan dampak dari adanya Siklontropis yang menurut Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Tanjungpinang, istilah tersebut berupa adanya pusaran angin sejenis tornado di Laut Cina Selatan.

“Perubahan cuaca terjadi begitu cepat dilihat dari gerakan awan dan kecepatan angin yang apabila sedang cuaca buruk mencapai 48 km perjam, disebabkan adanya Siklontropis dimana angin mengarah ke satu titik di Laut cina selatan berbentuk tornado,” ujar Prakirawan BMKG Tanjungpinang, Ardhito, Jumat (12/7).

Menurutnya, Siklontropis tersebut mengarah ke daratan Asia dalam beberapa hari ke depan.

Dampak pergerakan tersebut, sambungnya, dapat dirasakan dari perubahan cuaca di Tanjungpinang, hingga potensi petir yang sangat mengkhawatirkan.

“Sekarang ini Kepri mengalami musim Selatan, bercirikan cuaca yang cepat berubah – ubah dari normal ke ekstrim, jika dalam kondisi normal, kecepatan angin berkisar dari 5-28km perjam, tetapi apabila sedang mengalami cuaca buruk, kecepatan angin bisa memicu tinggi gelombang mencapai 5 meter,” paparnya. (SAUD MC)

Alpian Tanjung

Read Previous

Batagor Sunda di Tanah Melayu

Read Next

Tarif Ferry Tanjung Batu Mahal