Komunitas Merah Putih Kepri, Gelar Dialog Kebangsaan Bersama Warga Perbatasan Anambas

Gallery, IsuKepri.com – Perbatasan merupakan beranda terdepan NKRI. Upaya penguatan nilai-nilai kebangsaan perlu di tanamkan terus. Sebagai beranda tentunya memiliki posisi strategis dalam menjaga kedaulatan NKRI. Banyak tantangan yang di hadapi di wilayah perbatasan, baik tantangan fisik maupun non fisik.

Anambas memiliki posisi yang sangat strategis, karena memiliki sumber daya alam yang melimpah. Selain itu, Anambas merupakan wilayah jalur perdagangan internasional yang sangat padat. Banyak pihak-pihak yang memiliki kepentingan terhadap sumber daya yang ada di Anambas, terutama pihak-pihak asing. Terdapat beberapa perusahaan besar asing yang mengembangkan bisnis migas di Anambas.

Komunitas Merah Putih Kepulauan Riau, mencoba untuk memotret kondisi masyarakat perbatasan dengan mengelar sebuah dialog kebangsaan. Kegiatan tersebut digelar di salah satu kecamatan di Anambas yakni kecamatan Jemaja. Masyarakat tampak antusias mengikuti kegiatan tersebut. Dialog yang terbangun dengan masyarakat dan unsur MUSPICA di Jemaja, secara garis besar dapat disimpulkan bahwa masyarakat Jemaja sangat butuh perhatian. Tantangan globalisasi sudah merambah di pulau kecil perbatasan tersebut. Terutama tantangan berupa ancaman peredaran Narkoba, pergaulan bebas hingga HIV/AIDS.

Camat Jemaja, Robby Sanjaya kepada IsuKepri.com mengungkapkan sangat miris dengan kondisi Jemaja saat ini. Ia berharap semua pihak dapat berganteng tangan dan bahu membahu dalam mengatasi permasalahan Jemaja. Ia juga memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Komunitas Merah Putih karena sangat peduli dengan kondisi permasalahan yang ada di perbatasan.

.(NARASI : SUPRAPTO).

suprapto

Read Previous

CV Teratai Group Santuni 50 Orang Yatim

Read Next

DKP Bantu Pelaku Usaha Perikanan