KMP Gelar Seminar Kebangsaan di Titik Perbatasan

Anambas, IsuKepri.com – Komunitas Merah Putih (KMP) menggelar seminar Kebangsaan di Kecamatan Jemaja, Kabupaten Kepulaun Anambas, Sabtu (27/7). Seminar yang digelar tersebut, bertemakan Strategi Bersama, Membangun Perbatasan Beranda Terdepan NKRI.

Pada kesempatan itu juga, ketua pelaksana kegiatan, Masirwan menyampaikan, meski pembangunan dikawasan perbatasan sedikit lambat, untuk itu, pembangunan harus perlu dilakukan sesegera mungkin, guna mengejar ketertinggalan pembangunan di kawasan perbatasan.

Banyak yang harus dibenahi di kawasan perbatasan terkait pengadaan sarana dan infrastruktur yang sampai saat ini belum memadai seperti sarana pendidikan dan sarana transportasi baik itu transportasi darat maupun transportasi laut, ujar Masirwan yang juga mahasiswa UMRAH Tanjungpinang.

Iwan juga mengatakan, bahwa banyak yang harus dibenahi di kawasan perbatasan, terutama terkait pengadaan sarana dan infrastruktur yang sampai saat ini belum memadai. Salah satunya adalah sarana pendidikan, transportasi, dan peningkatan kualitas kesehatan. Pembenahan sarana dan prasarana tersebut merupakan sebuah upaya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat di perbatasan.

Ia mengemukakan, apalagi, Kepulauan Riau merupakan wilayah yang masing-masing pulaunya dipisahkan dengan lautan, tentunya sangat membutuhkan sebuah transportasi terutama transportasi laut yang memadai. Selain itu, dermaga juga harus dibangun agar akses keluar masuk kapal dan barang dapat berjalan lancar.

“Akses transportasi laut harus mendapatkan prioritas, agar mempermudah dan memperlancar arus barang dana jasa menuju perbatasan. Barang-barang di perbatasan terbilang tinggi, karena cost yang dibutuhkan cukup besar untuk transportasinya,” ujar Iwan.

Selain itu, kegiatan seminar sehari yang di sejalankan dengan buka puasa bersama dan pemberian santuan kepada anak yatim piatu itu, dihadiri sekitar 100 masyarakat Jemaja, yang terdiri dari tokoh masyarakat, pemuda dan perangkat kecamatan, desa dan kelurahan di Jemaja. Kegiatan tersebut digunakan untuk memotret kondisi perbatasan yang ada di Anambas dan sekitarnya. Dalam kegiatan tersebut, hadir beberapa narasumber seperti Robby Sanjaya, Camat Jemaja, Ridwan Nainggolan, Danramil Jemaja, Murwoto, Komandan POS Angkatan Laut Jemaja serta H. Abdul Kahar, ketua MUI Jemaja.(*)

Alpian Tanjung

Read Previous

SPPD Tanah Milik PNS Diduga Dimanipulasi Calo

Read Next

Camat Jemaja Beri Apresiasi Kepada KMP