DKP Kepri Gelar Temu Koordinasi Pokmaswas

Tanjungpinang, IsuKepri.com – Dalam rangka menambah pengetahuan dan pembekalan ilmu tentang peraturan tata tertib perikanan, Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Kepulauan Riau, mengadakan Temu Koordinasi POKMASWAS TAHUN 2013, pada tanggal 01 – 02 Juli 2013 yang bertempat di Laguna Hotel Tanjungpinang.

Tujuan dari pertemuan tersebut, untuk dapat meningkatkan kemampuan POKMASWAS dalam mengawasi dan mengendalikan pengelolaan dan pemanfaatan sumberdaya kelautan dan perikanan secara bertanggung jawab, agar dapat memperoleh manfaat secara berkelanjutan dengan Sistem Pengawasan Berbasis Masyarakat.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Kepulauan Riau, Raja Ariza dalam sambutannya mengatakan, bahwa ancaman terhadap sumberdaya kelautan dan perikanan dapat dibedakan berdasarkan bentuk dan sumber yaitu ancaman biologis, ancaman yang berasal dari kegiatan manusia, dan ancaman yang berasal dari gejala alam.

Ancaman biologis dapat dikatakan sebagai fenomena alam yang memang terjadi karena sifat dari organisme itu sendiri. Ancaman alam misalnya badai kuat, penurunan suhu air dan gempa, sedangkan ancaman yang disebabkan oleh kegiatan manusia umumnya menimbulkan dampak kerusakan yang meluas dan bertahan lama, sehingga memerlukan waktu yang lama bagi pemulihan sumberdaya kelautan dan perikanan tersebut secara alami.

Pencegahan terhadap segala bentuk ancaman ini telah dimulai dengan pengaplikasian SISWASMAS melalui pembentukan kelompok masyarakat pengawas (Pokmaswas) pada masing-masing kabupaten/ kota yang ada di Provinsi Kepulauan Riau, ucap Raja Ariza.

Masih kata Kadis, Siswasmas (Sistem Pengawasan Berbasis Masyarakat) merupakan sistem pengawasan yang melibatkan peran aktif masyarakat dalam mengawasi dan mengendalikan pengelolaan dan pemanfaatan sumberdaya kelautan dan perikanan secara bertanggungjawab, agar dapat diperoleh manfaatnya secara berkelanjutan.

Adapun peserta yang hadir sebanyak 24 orang yang terdiri dari unsur dinas Kelautan dan Perikanan se-Kabupaten/ Kota beserta POKMASWAS masing-masing 1 orang, Satker PSDKP Tanjungpinang, Satker PSDKP Bintan dan Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Kepulauan Riau sebanyak 5 orang. Sedangkan narasumber berasal dari Direktorat Pengawasan Sumberdaya Kelautan KKP-RI, Direktorat Pengawasan Sumberdaya Perikanan KKP-RI, Kabid PSDKP Provinsi Kepulauan Riau dan Kepala Satker PSDKP Batam.

Acara tersebut dibuka oleh Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Kepulauan Riau Bapak Drs. Raja Ariza, MM dan diakhiri dengan penyerahan hadiah untuk POKMASWAS terbaik I, II dan III. POKMASWAS terbaik I diberikan kepada POKMASWAS Kuda Laut dari Kabupaten Kepulauan Anambas, POKMASWAS terbaik II diberikan kepada POKMASWAS Pulau Mubut dari Kota Batam, POKMASWAS terbaik III diberikan kepada POKMASWAS Gunung Kijang dari Kabupaten Bintan. (*)

Alpian Tanjung

Read Previous

DKP Bantu Pelaku Usaha Perikanan

Read Next

KKP: Tiga Korban Traficking Akan Dipulangkan