• September 28, 2022

Bintan Terima Penghargaan Kabupaten Layak Anak

Bupati Bintan Ansar Ahmad akan menerima dua penghargaan sekaligus, yaitu Kabupaten Layak Anak tingkat Pratama dan Kebijakan Akte Kelahiran Gratis dari Menteri Negara Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Meneg PP dan PA) Linda Amalia Sari Gumelar pada peringatan Hari Anak Nasional, di Jakarta, Selasa (23/7).
Hal ini disampaikan oleh Kepala Badan Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (BP2KB) Kartini dan Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Ismail.

“Bupati diundang oleh Meneg PP dan PA untuk menerima dua penghargaan sekaligus, yaitu Kabupaten Layak Anak tingkat Paratama dan Kebijakan Akte Kelahiran Gratis,” kata Kartini, Minggu (21/7).

Sedangkan Kadisdukcapil Ismail mengatakan, diberikannya penghargaan salah satunya atas keberhasilan Kabupaten Bintan dalam pelayanan pembuatan akte kelahiran anak Bintan.

Jumlah anak di Bintan yang tidak mengantongi akte kelahiran dari tahun ke tahun semakin kecil. Bahkan saat ini mencapai prestasi yang menggembirakan, dimana jumlahnya kurang dari 10 persen.

“Jumlah anak dari usia nol hingga usia 18 tahun kepemilikan akte kelahirannya mencapai keberhasilan yang menggembirakan. Jumlah anak yang tidak mengantongi akte kelahiran kurang dari 10 persen.

Juga dukungan kebijakan dari Pemerintah Kabupaten yang membuat Peraturan Daerah dimana pembuatan akte tidak menjadi objek pemasukan daerah, biaya sidang juga didanai oleh APBD,” kata Ismail.

Kadisdikpora Bintan Makfur Zurachman mengatakan, penghargaan sebagai Kabupaten Layak Anak merupakan hasil kerja keras semua elemen, diantaranya elemen pendidikan.

Upaya Disdikpora dalam memenuhi hak-hak anak dengan meningkatkan angka partispasi pendidikan melalui pendidikan anak usia dini (PAUD), peningkatan anggaran pendidikan, penambahan insentif 100 orang guru pengelola PAUD. Juga kebijakan jaminan pendidikan melalui Kartu Bintan Sejahtera dan SKTM.

“Pemerintah juga menyediakan pompong sebagai sarana transportasi pendidikan untuk anak pulau. Menyediakan bus sekolah yang jumlahnya mencapai 43 unit. Tahun depan akan ditambah lagi 7 unit, sehingga menjadi 50 unit,” kata Makfur.

Bupati Bintan Ansar Ahmad membenarkan, ia diundang Meneg PP dan PA Linda Amalia Sari Gumelar di Jakarta, guna menerima penghargaan tersebut.

“InsyaAllah tanggal 23, bersempena dengan Hari Anak Nasional, menerima penghargaan dari Menteri dan pada sore harinya pertemuan dengan Bapak Presiden Susilo Bambang Yudhoyona (SBY),” kata Ansar. (HK)

suprapto

Read Previous

Camat Bukit Bestari Belajar Paten di Kijang

Read Next

Kejati Terima 2227 Perkara Pidana di Kepri