Wali Kota dan PKK Tinjau Sunatan Massal

Tanjungpinang, Isukepri.com – Walikota Tanjungpinang H. Lis Darmansyah, SH yang juga didampingi Hj. Yuniarni Pustoko Weni, SH, selaku Tim Penggerak PKK Kota Tanjungpinang, meninjau Sunatan Massal di Gedung Serbaguna SMP 10 Tanjungunggat Kota Tanjungpinang, Rabu (26/06).

Acara sunat massal tersebut yang kedua kalinya dalam bulan ini, dimana dalam beberapa pekan lalu sudah dilakukan di Kampung Bugis, kemudian dilaksanakan di Gedung Serbaguna SMP 10 Tanjungunggat Kota Tanjungpinang,

Dari pantau dilapangan, meskipun cuaca agak lembap karena diguyur hujan, namun tampak antusisas warga Tanjungunggat dan sekitarnya untuk mengikuti Sunat Massal ini sangat besar. Karena bertepatan juga dengan libur sekolah.

Dalam gedung serbaguna yang sudah diubah menjadi ruang sunat massal tersebut, berjejer sebanyak 11 tempat tidur untuk para pasien yang sudah mengambil antri sebelumnya untuk disunat, dimana rata-rata pasien yang akan disunat berumur 10 tahun keatas.

Anak laki-laki tidak boleh cengeng, harus kuat yah, sakitnya cuma sebentar kok, sabar ya ujar Lis, dihadapan orang tua anak-anak tersebut.

Rustam, Kepala dinas Kesehatan Kota Tanjungpinang mengatakan, untuk  jumlah anak-anak yang ikut sunat massal ini 100 orang.

“Namun apabila ada yang datang diatas 100 orang, tetap kita layani karena ini sifatnya membantu masyarakat yang kurang mampu untuk meringankan beban masyarakat. Selain itu, sunat merupakan sunah rosul serta menghindari penyakit yang berhubungan dengan kelamin sebagai proses mensucikan diri dan acara ini hanya 1 hari saja pagi-sore,” Kata Rustam.

Sementara sumber dana sunat massal, sambung dia, berasal sumbangan dari perusahaan swasta dan pemerintah, serta para sukarelawan di Kota Tanjungpinang.

Selain dana tentunya didukung juga dari para tim medis yaitu dari Dr Keluarga RS RSUD Kota Tanjungpinang, Puskesmas dan tim sukarelawan.

“Para pasien yang sudah disunat untuk pemulihan, akan kita adakan berobat gratis di Posko Tanjungunggat dan Sei Jang, ” kata Rustam. (AFRIZAL)

Alpian Tanjung

Read Previous

Lis: PIK Bentuk Kepedulian Terhadap Remaja

Read Next

Anggota KPU se-Kabupaten/ Kota Akan Dilantik