Tipikor Vonis 7 Perkara Korupsi Selama 2013

Tanjungpinang, IsuKepri.com – Selama tahun 2013, Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Kepri Pengadilan Negeri (PN) Tanjungpinang, telah memvonis sebanyak tujuh perkara korupsi di wilayah Provinsi Kepulauan Riau. Putusan ketujuh perkara korupsi tersebut, terhitung sejak Januari hingga Juni 2013.

Tujuh perkara korupsi tersebut, lima diantaranya masing – masing korupsi dana bantuan nelayan di Kabupaten Bintan. Sedangkan para terdakwanya merupakan Pegawai Negeri Sipil (PN) di Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Bintan.

Ketua PN Tanjungpinang, Prasetyo Ibnu Asmara SH, MH melalui Wakil Panitera PN Tanjungpinang, Muhiyar SH menyampaikan, lima terdakwa korupsi yang telah diputus dan dinyatakan bersalah tersebut masing – masing, J Kurniawan, Adri, Gunawan, Mursyid, dan Said Kamsita.

“Kelima terdakwa telah divonis baru – baru ini, dan masing – masing terdakwa menerima hukuman yang berbeda – beda, ujar Muhiyar SH, Rabu (19/6).

Namun, kata dia, jumlah hukuman yang diterima kelima terdakwa belum dapat disebutkannya, sebab putusan dari panitera belum diarsipkan. Sedangkan, dua terdakwa lainnya, merupakan terdakwa dalam kasus perkara korupsi di Dinas Pendidikan  Kabupaten Natuna.

Yakni, terdakwa Abdullah dan terdakwa Khaidali. Keduanya terdakwa kasus korupsi di Dinas Pendidikan, dalam kegiatan Porseni di Kabupaten Natuna,” ucapnya.

Sementara, kata dia, selain tujuh perkara tersebut telah diputus dan para terdakwa telah divonis, Pengadilan Tipikor masih menyidangkan tujuh perkara korupsi lainnya. Tujuh terdakwa tersebut, masing – masing Khoiruddin, Gatot Winoto, M Yamin, M Rasyid, dr Tadjri, dr Sofian dan Hendriyanto.

“Dari tujuh terdakwa, tiga diantaranya yakni Gatot Winoto, M Yamin, dan M Rasyid, merupakan terdakwa korupsi Uang Untuk Dipertanggungjawabkan (UUDP) Setdako Tanjungpinang. Sedang, dua terdakwa yakni dr Tadjri dan dr Sofian merupakan terdakwa dalam kasus korupsi pengadaan alat – alat kesehatan di Dinas Kesehatan Kabupaten Anambas. Satu terdakwa lagi, yakni Khoiruddin masih dalam persidangan, begitu juga dengan terdakwa korupsi dana KPU Kota Batam yakni Hendriyanto,” katanya.

Ketujuh perkara tersebut, masih dalam peradilan di Pengadilan Tipikor Kepri hingga saat ini.  (ALPIAN TANJUNG) 

Alpian Tanjung

Read Previous

Pemprov Kepri Berikan Benteng Terhadap Generasi Muda

Read Next

Dedi: Rencana Kenaikan BBM Harap Ditinjau Ulang