Sulit Dapat UKM, Usaha Kecil Pinjam ke Rentenir

Tanjungpinang. IsuKepri.com – Pelaku usaha kecil kesulitan akan mendapatkan bantuan pinjaman yang telah diprogramkan pemerintah terhadap pelaku Usaha Mikro dan Usaha Kecil Menengah (UKM) di Tanjungpinang. Atas sulitnya dalam kepengurusan persyaratan mendapatkan dana UKM tersebut, pedagang memilih rentenir sebagai satu-satunya jalan guna mendapatkan pinjaman modal.

“Meski bunga pinjamannya besar, rentenir tidak perlu waktu lama untuk mengeluarkan pinjaman modal kepada kami. Sementara, untuk mendapatkan pinjaman dari pemerintah, melalui program UKM, terlalu sulit mendapatkannya, ujar pedagang kelapa, Abu, Rabu (5/6).

Bahkan, kata dia, pinjaman dari rentenir tersebut, hanya cukup memakan waktu satu hari setelah diberi tau jika ada yang akan meminjam, dana tersebut langsung dicairkan, dan berapapun jumlahnya.

Sementara, jika mengurus syarat untuk mendapatkan bantuan dana UKM dari pemerintah, sambungnya, sangat.rumit dan nasib-nasib jika bisa mendapatkan bantuan modal itu.

Selain itu, bagian pembinaan dan pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (umkm), Hendri menambahkan, dampak penggunaan jasa rentenir sangat rentan terhadap usaha.

“karena beban bunga itu yg membuat pelaku usaha harus lebih serius dalam melakukan usaha,” ujar hendri.

Sementara utuk mendapakan bantuan modal pemerintah, sambungnya, pelaku usaha cukup melaporkan usahanya pada RT dan RW setempat.

“Untuk selanjutnya, RT yang bersangkutan akan melaporkannya ke lurah, lalu lurah ke camat dan camat ke dinas. Jadi pelaku usaha tidak perlu sampai ke kecamatan atau ke dinas,” ujarnya. (Saud)

Alpian Tanjung

Read Previous

Pedagang Mulai Antisipasi Kenaikan BBM

Read Next

Jeruk Sambal Capai Rp14 Ribu/ Kg