Megawati Menangis Peringati Hari Pancasila

Jakarta, IsuKepri.com – Peringatan hari lahir Pancasila dipadati ribuan orang di Tugu Proklamasi. Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan yang juga putri mendiam sang proklamataro, Megawati Sukarnoputri mengingatkan bangsa Indonesia, bahwa pancasila adalah sumbangsih bangsa ini kepada dunia.

“Kita harus bangga sebagai bangsa yang melahirkan Pancasila,” ujarnya dalam pidato peringatan hari lahir Pancasila, Sabtu, 1 Juni 2013 di Tugu Proklamasi, Jakarta.

Sambil menangis, Megawati mengatakan bahwa saat ini Pancasila sudah di anggap asing dan menakutkan bagi beberapa generasi muda Indonesia,

“Saya sedih, sekarang Pancasila dianggap menakutkan dan asing bagi generasi muda,” ujar Mega. Dengan tertatih ia kemudian melanjutkan pidatonya, yang sempat terpotong karena isak tangisnya.

Menurut dia, penyebab Pancasila mulai ditinggalkan adalah karena adanya pembelokan sejarah oleh rezim orde baru, dan menjadikan Pancasila sebagai senjata yang menekan rakyat. “Padahal Pancasila seharusnya jadi penjamin kehidupan bangsa ini,” ujarnya.

Akibat dari dilupakannya Pancasila dalam kehidupan bernegara ini, Mega menegaskan, telah berakibat pada terpuruknya Indonesia dalam berbagai aspek. Indonesia, katanya, kehilangan orientasi, motif, dan harapan. “Padahal, tanpa harapan mustahil sebuah bangsa bisa menjadi besar. Harapan adalah kekuatan maha besar yang mampu membawa bangsa ini bangkit,” katanya seraya terisak. (Net)

suprapto

Read Previous

Aston Tanjungpinang Suguhkan Paket Special Romantic Dinner

Read Next

Ratusan Ribu Massa HTI Padati Gelora Bung Karno