BMKG: Satu Pekan Kedepan Waspadai Hujan Petir

Tanjungpinang, IsuKepri.com – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Tanjungpinang menyampaikan, kondisi cuaca buruk yang saat ini terjadi di wilayah Kota Tanjungpinang dan sekitarnya, selama satu pekan kedepan berpotensi dilanda hujan dan petir. Untuk itu warga diimbau untuk waspada dan berhati-hati jika melakukan aktivitas diluar ruangan. Hal ini disampaikan Prakirawan BMKGTanjungpinang, Ardhito, Rabu (5/6).

Untuk sepekan kedepan, bagi warga Tanjungpinang dan sekitarnya, harus sangat waspada terhadap hujan, petir dan angin. Karena, sepekan kedepan kumpulan awan hitam yang bertumpuk sangat banyak dan berpotensi Hujan, petir dan angin. Maka dari itu, untuk warga Tanjungpinang diimbau harus waspada, jangan keluar rumah, jangan berteduah dibawah pohon dan tanah lapang,” kata Ardhito.

Selain itu, kata dia, apabila hujan dan petir diharapkan tidak menggunakan Handpone, matikan segala barang elektronik yang ada didalam rumah dan untuk masyarakat dapat lebih waspada terhadap penggunaan peralatan elektronik, jika sewaktu-waktu terjadi cuaca buruk.

Sementara, untuk puncak kecepatan angin masih akan terjadi, bisa mencapai 80 sampai 90 kilometer per jam dan dapat berpotensi terjadinya angin kencang dan petir.

Apabila berbicara peralihan cuaca, kata dia, juga diakibatkan oleh ketebalan awan comolonimbus hingga mencapai 9.000 meter ke atas, hal itu merupakan penyebab cuaca bisa berubah secara dadakan.

Ketebalan awan comolonimbus yang turut mengakibatkan potensi petir,” ujar Ardhito. (Rizal)

Alpian Tanjung

Read Previous

Remaja Pelaku Penganiayaan Divonis 3 Bulan

Read Next

Hujan: Perumahaan Digenangi Air Setinggi 30 Cm